"Sail to Indonesia Rally 2024" dongkrak pariwisata Indonesia

id Ambon, Maluku, Sail to Indonesia, Maluku Tenggara, Pariwisata, Ekonomi

"Sail to Indonesia Rally 2024" dongkrak pariwisata Indonesia

Pemkab Malra menyambut peserta Sail to Indonesia 2024 (Antara/HO-Pemkab Malra)

Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra), Maluku, menyatakan bahwa pelaksanaan Sail to Indonesia Rally 2024 di wilayah itu menjadi pendongkrak pariwisata dan perekonomian kabupaten tersebut.

"Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) diberi kepercayaan menjadi pintu masuk atau entry point pelaksanaan Sail to Indonesia Rally 2024 yang diikuti 44 Yacht dari sembilan negara. Ini akan meningkatkan ekonomi sekaligus mempromosikan pariwisata," kata Penjabat Bupati Malra Jasmono dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu.

Pelaksanaan Sail to Indonesia di Maluku Tenggara diikuti total 135 orang dan terdiri atas dua gelombang yakni gelombang pertama pada 3 Juli 2024, dan gelombang kedua pada 15 sampai 21 Juli 2024.

“Melalui kegiatan jni tentunya pemerintah berharap Malra menjadi tuan rumah yang baik bagi para yachter, sehingga melalui momen ini, pariwisata Maluku Tenggara semakin tumbuh dan berkembang, serta mampu menopang akselerasi pembangunan daerah,” ucapnya.
 

Menurut Jasmono, posisi strategis Kepulauan Kei saat ini, mendapat tempat yang cukup baik di kalangan penikmat wisata khususnya wisata bahari, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata religi baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

“Kita memiliki 76 spot wisata yang tersebar di Pulau Kei Kecil dan Pulau Kei Besar dengan keindahan yang mempesona dan beragam. Ini adalah potensi yang harus diekspos secara lebih masif,” ungkap Jasmono.

Peserta Sail to Indonesia 2024 di Maluku Tenggara (Antara/HO-Pemkab Malra)

Selain itu, saat ini Maluku Tenggara telah memiliki tiga desa wisata yang berhasil masuk 50 besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia yakni Ohoi (Desa) Ngilngof, Ohoi Soinrat, dan Ohoi Letvuan yang dapat dikunjungi oleh peserta Sail to Indonesia ini.

"Desa-desa wisata ini harus menjadi model pengembangan desa wisata di daerah ini," ujarnya.
 

Melalui kegiatan Sail to Indonesia di pihaknya juga mendorong Ohoi Debut yang sedang diupayakan untuk dapat berkompetisi secara nasional.

"Belajar dari tiga desa wisata lainnya, maka itu diperlukan komitmen dan kerja keras yang diawali dari dalam ohoi sendiri," ucapnya.

 

Berita ini telah tayang di Annews.com dengan judul: Pemkab Malra: "Sail to Indonesia Rally" 2024 dongkrak pariwisata
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024