GKR Mangkubumi: Pramuka harus inovatif dan tetap wajib di sekolah

id Pramuka, mangkubumi

GKR Mangkubumi: Pramuka harus inovatif dan tetap wajib di sekolah

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) DIY, GKR Mangkubumi (tengah) saat pembukaan Festival Pramuka Jogja (FPJ) 2024 di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Yogyakarta, Sabtu. (ANTARA/HO-Ida Fauziah)

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) DIY, GKR Mangkubumi  mengatakan kegiatan pramuka harus terus inovatif agar menarik.

"Pramuka dasarnya adalah pendidikan dan kegiatan yang fun. Namun tentunya masing-masing kwarda, kwarcab, dan gugus depan harus terus berinovasi untuk bagaimana kegiatan-kegiatan kepramukaan menjadi yang benar-benar fun," katanya saat pembukaan Festival Pramuka Jogja (FPJ) 2024 di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Yogyakarta, Sabtu.

GKR Mangkubumi mengatakan bahwa pramuka tetap menjadi kegiatan wajib di sekolah.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Pendidikan atas supportnya untuk kegiatan gerakan pramuka yang tetap wajib," tambahnya.

Sementara Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY, Suhirman menekankan bahwa kegiatan pramuka memang menjadi ekstrakurikuler wajib.

"Di dalam Permendikbud 12 Tahun 2024 kita tetap menggunakan kurikulum merdeka, namun kegiatan pramuka adalah wajib. Sebab kegiatan ini dapat menjadi pendidikan karakter bagi siswa-siswa," ujarnya.