Bupati Sleman mengharapkan Pramuka berperan dalam penanggulangan COVID-19

id Bupati Sleman,Pramuka Sleman,HUT Pramuka,Kabupaten Sleman,Kwarda Pramuka DIY,GKR Mangkubumi,Penanggulangan COVID-19,Pand

Bupati Sleman mengharapkan Pramuka berperan dalam penanggulangan COVID-19

Bupati Sleman Sri Purnomo pada peringatan HUT ke-59 Pramuka di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Sri Purnomo mengharapkan Pramuka yang merupakan wadah generasi muda ikut berperan secara aktif dalam penaggulangan pandemi COVID-19.

"Mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat banyak yang harus terhenti untuk mencegah semakin merebaknya COVID-19. Maka dari itu generasi muda sudah seharusnya ikut berperan secara aktif dalam penanggulangan bencana nonalam COVID-19," kata Bupati Sleman Sri Purnomo pada peringatan HUT ke-59 Pramuka di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, meskipun Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, gerakan Pramuka dinilai tetap dapat aktif ikut serta melaksanakan berbagai kegiatan sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.

"Keberadaan Pramuka sebagai salah satu pemicu kesadaran sosial diharapkan untuk memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial masyarakat kita pada saat ini. Pramuka harus mampu menjadi teladan bagi semua pihak," katanya.

Ia mengatakan, semangat generasi muda dalam penanggulangan bencana nonalam COVID-19, sesuai dengan tema yang diambil pada peringatan HUT ke-59 Pramuka, yaitu "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara".

Ketua Kwarda DIY GKR Mangkubumi yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa adanya pandemi COVID-19 ini membawa dampak bagi kegiatan kepramukaan di gugus depan yang berpangkalan di sekolah, kampus dan satuan pendidikan lainnya.

Meskipun demikian, GKR Mangkubumi tetap mendorong para pembina Pramuka untuk dapat terus melakukan pembinaan terhadap peserta didiknya dengan metode proses pembinaan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

"Saat ini kami sedang menyusun pedoman penyelenggaraan kegiatan kepramukaan menuju masa adaptasi kebiasaan baru sehingga nanti bisa dijadikan acuan dalam pelaksanaan kegiatan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan sejumlah penghargaan berupa lencana Pancawarsa dan piagam bagi 15 orang yang telah mengabdi untuk Pramuka tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024