Kwarcab Bantul melatih kemandirian generasi muda anggota Pramuka

id Saka Wirausaha ,Kwarcab Bantul ,Anggota Pramuka ,Kemandirian Pramuka

Kwarcab Bantul melatih kemandirian generasi muda anggota Pramuka

Upacara Pembukaan orientasi calon anggota Saka Wirausaha Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta di Kampung Pramuka Wukirsari. Senin (29/7/2024) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kwartir Cabang Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan setempat menggelar orientasi calon anggota Satuan Karya (Saka) Wirausaha guna melatih kemandirian generasi muda para anggota Pramuka tersebut.

"Kegiatan ini digelar dengan harapan generasi muda para pramuka itu tidak hanya berteori saja, namun bisa memperoleh hasil dengan usahanya sendiri yang dilatih di kegiatan ini," kata Sekretaris Kwarcab Pramuka Bantul Sudadi usai pembukaan orientasi calon anggota Saka Wirausaha di Kampung Pramuka Wukirsari Bantul, Senin.

Orientasi tersebut diikuti sebanyak 30 peserta penegak pandega, calon anggota Saka Wirausaha, serta belasan tamu Saka Wirausaha dari Kota Makassar Sulawesi Selatan. Kegiatan berlangsung tiga hari dari 29-31 Juli 2024 di Sanggar Among Budoyo Kampung Pramuka Wukirsari Bantul.

"Dan salah satu kegiatan di Saka Wirausaha ini adalah melatih para pramuka untuk memiliki keterampilan nyata, keterampilan itu produktif ekonomi produktif yang bisa dijual, sehingga dia punya pendapatan, pramuka memang diajari dilatih untuk mandiri seperti itu," katanya.

Dengan demikian, kata dia, para anggota Pramuka saat ini maupun nantinya tidak mempunyai ketergantungan terhadap orang lain, dan menjadi peminta minta untuk memenuhi kebutuhan mereka.

"Jadi kegiatan apapun diawali dari dirinya sendiri dengan berwirausaha, di aturan dan ketentuan dalam Pramuka itu ada, sehingga ke depan harapan kita Pramuka harus benar benar menumbuhkan jiwa wirausaha pada masing-masing anggota sejak siaga, penggalang dan penegak apalagi pandega," katanya.

Menurut dia, Saka Wirausaha merupakan satuan karya rintisan termuda saat ini di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan menjadi wadah bagi para pramuka penegak dan pandega yang ingin mengaktualisasikan ide, pemikiran, maupun hobi untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi ekonomi.

Dia mengatakan, sedangkan secara umum di Kwarcab Pramuka Bantul ada 11 satuan karya yang oleh para anggota Pramuka bisa digeluti, seperti di bidang pertanian, satuan taruna, kemudian bagaimana mengatur lalu lintas dan sebagainya ada di satuan karya bhayangkara, dan satuan karya lainnya.

"Hadirnya Saka Wirausaha diharapkan mampu menjadi jawaban bagi pemerintah khususnya dalam menyambut bonus demografi 2045 melalui penumbuhan rasio kewirausahaan untuk membangun kemandirian penegak dan pandega," katanya.