Sleman meraih tiga penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

id Penghargaan Merdeka Belajar ,Dirjen GTK Kemendikbudristek ,Bupati Sleman

Sleman meraih tiga penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil meraih tiga penghargaan pada ajang Anugerah Merdeka Belajar 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Kami sampaikan apresiasi atas capaian Merdeka Belajar di Sleman, ternyata dari penghargaannya terkonfirmasi terimplementasi dengan baik, sehingga Sleman mendapat Anugerah Merdeka Belajar," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani saat berkunjung ke Sleman, Senin.

Kunjungan Dirjen GTK Kemendikbudristek di Sleman diterima langsung Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Ruang Rapat Praja Setda Sleman.

Nunuk Suryani menerangkan, kehadirannya bersama tim dimaksudkan untuk menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten Sleman yang telah meraih tiga penghargaan di gelaran Anugerah Merdeka Belajar 2024.

"Kami ingin berdiskusi secara langsung dengan Bupati Sleman dan jajaran Dinas Pendidikan Sleman yang dianggap telah berhasil membawa Sleman menjadi percontohan bagi daerah lain," katanya.

Ia mengatakan Anugerah Merdeka Belajar didedikasikan bagi pemerintah kabupaten/kota atas upaya dan komitmen yang secara komprehensif mendukung implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar dan dalam mendorong proses transformasi satuan pendidikan. Dengan begitu, diharapkan dapat tercipta layanan pendidikan yang berkualitas menuju terwujudnya Generasi Indonesia Emas di tahun 2045.

"Tentu kami harap capaian ini akan terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang," katanya.

Pada gelaran Anugerah Merdeka Belajar 2024, Sleman meraih penghargaan kategori Transformasi SDM Pendidikan, kategori Transformasi Pengelolaan Pendidikan, dan Anugerah Merdeka Belajar Kategori Utama.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Kabupaten Sleman.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dari tingkat PAUD. Dengan begitu, kualitas pendidikan Kabupaten Sleman diharapkan dapat terus meningkat.

"Penghargaan yang didapatkan Kabupaten Sleman ini tidak terlepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan khususnya Dinas Pendidikan. Capaian ini juga menjadi pemacu semangat kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Sleman pada tahun-tahun berikutnya," katanya.

Kustini mengatakan, salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sleman adalah melalui Sembada Berbagi (Sembagi) dan Sembada Cerdas.

"Program tersebut merupakan sarana bagi guru dan sekolah untuk saling berbagi karya untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa berbasis teknologi informasi (website)," katanya.

Di samping itu, kata dia, juga terdapat Sleman School Expo (SSE) yaitu sarana bagi warga sekolah untuk mendorong optimalisasi komunitas belajar guru dan mendukung aktualisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024