Sekjen PBB sebut komunitas internasional 'belum cukup berbuat" untuk Gaza

id PBB,komunitas internasional,solusi dua negara,Palestina merdeka

Sekjen PBB sebut komunitas internasional 'belum cukup berbuat" untuk Gaza

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, pada Rabu (18/9/2024) mengatakan bahwa komunitas internasional "belum berbuat cukup" di Jalur Gaza. / ANTARA/Anadolu/py

Washington (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, pada Rabu (18/9) mengatakan bahwa komunitas internasional "belum berbuat cukup" di Jalur Gaza.

"Saya kira (komunitas internasional) belum melakukan cukup banyak hal (untuk Gaza), dan seruan kami terkait Gaza adalah untuk menekan agar perang dihentikan secepat mungkin. Itu sudah menjadi sikap kami sejak awal," kata Guterres menanggapi pertanyaan wartawan.

Berbicara tentang pekerja kemanusiaan internasional, termasuk staf PBB, Guterres mengatakan PBB menegaskan bahwa setiap pekerja kemanusiaan yang tewas dalam perang harus mendorong dunia untuk melakukan "investigasi serius dan pertanggungjawaban yang efektif."

"Jika hal ini berlaku di mana pun, terutama berlaku di Gaza, di mana jumlah pekerja kemanusiaan yang tewas tidak tertandingi. Saya belum pernah melihat bagian dunia lain di mana begitu banyak orang tewas".

"Dan saya pikir jika ada sesuatu yang harus diperjuangkan oleh komunitas internasional dengan gigih, itu adalah tekanan agar ada pertanggungjawaban," tambahnya.

Guterres menegaskan kembali bahwa apa yang terjadi di Gaza "tidak dapat diterima" dan mengatakan bahwa ia "jauh lebih khawatir" tentang "dampak dramatis" pada kehidupan warga sipil, termasuk perempuan, anak-anak, dan lansia — di berbagai tempat di manapun, mulai dari Sudan, Myanmar, dan Gaza.

"Sikap kami sangat jelas. Kami berharap perang mengerikan ini akan segera berakhir, bahwa akhirnya akan ada gencatan senjata".

"Dan menurut kami, penting bahwa gencatan senjata ini menciptakan kondisi bagi Otoritas Palestina untuk mengambil alih kendali di Gaza, serta di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dan itu menjadi dasar bagi pembangunan solusi dua negara, yaitu negara Palestina," tambahnya.


Sumber: Anadolu
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sekjen PBB: Komunitas internasional 'belum cukup berbuat" untuk Gaza