Kemendikbudristek-AMAN memperkuat pendidikan adat atasi perubahan iklim di Indonesia

id Kemendikbudristek ,Pendidikan adat,Sekolah adat ,Perubahan iklim

Kemendikbudristek-AMAN memperkuat pendidikan adat atasi perubahan iklim di Indonesia

Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbudristek berkolaborasi bersama Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) memperkuat pendidikan adat dalam mengatasi perubahan iklim di Jakarta pada Selasa (13/8/2024). ANTARA/HO-BKHM Kemendikbudristek

Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat (Dit. KMA) Kemendikbudristek berkolaborasi dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) guna memperkuat pendidikan adat dalam mengatasi perubahan iklim.
 
Dalam rilis yang disiarkan di Jakarta, Selasa, disebutkan, kolaborasi tersebut dilakukan melalui Musyawarah Besar Pendidikan Adat Nusantara pada 12 hingga 15 Agustus 2024 dengan tema "Pendidikan Adat sebagai Jalan Pulang untuk Menjaga dan Merawat Bumi".
 
Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Sjamsul Hadi mengatakan musyawarah itu bertujuan untuk mewujudkan gerakan pendidikan adat yang mampu mentransformasikan berbagai pengetahuan masyarakat adat ke dalam aksi-aksi kolektif untuk menyelamatkan dan menjaga bumi.
 
“Kemendikbudristek mendukung upaya-upaya penuh dalam percepatan pengesahan undang-undang masyarakat adat dan mendorong peningkatan layanan pendidikan adat di seluruh Nusantara,” ujarnya.
 
Ia menyebutkan, sesuai dengan amanat konstitusi dan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, pendidikan masyarakat adat merupakan prioritas dan menjadi dasar pewarisan dari yang tua ke yang muda melalui jalan kebudayaan.
 
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek-AMAN perkuat pendidikan adat atasi perubahan iklim
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024