Asosiasi Museum Indonesia puji desain Istana Garuda IKN, Kaltim, karya anak bangsa

id Istana Garuda IKN,desain Istana Garuda,Ibu Kota Nusantara,ikn nusantara,asosiasi museum,istana ikn

Asosiasi Museum Indonesia puji desain Istana Garuda IKN, Kaltim, karya anak bangsa

Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia Putu Supadma Rudana. (ANTARA/HO-Asosiasi Museum Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Museum Indonesia memandang desain Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan hasil kreasi orisinal anak bangsa yang perlu diapresiasi.

"Kita harus bangga, desain Istana Garuda IKN merupakan karya orisinalitas anak bangsa yang menunjukkan rasa bangga dan percaya diri Bangsa Indonesia dalam bidang pembangunan infrastruktur," kata Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana dalam keterangan, di Jakarta, Selasa.

Desain istana tersebut melibatkan 44 ahli, mulai dari profesor, doktor, ahli tanah, dan berbagai spesialis lainnya, yang berkontribusi untuk memastikan bahwa desain istana tidak hanya indah, tetapi juga aman, dan fungsional, demi menciptakan aspek ketahanan bangunan yang akan menjadi simbol nasional.



Menurut Putu, perancang Istana Garuda I Nyoman Nuarta merupakan seorang maestro kelas dunia. Ide desain Istana Garuda Nyoman Nuarta, kata dia, mempunyai arti penyatuan lebih dari 1.300 suku yang ada di Indonesia.

Filosofi itu diwujudkan melalui pilihan bentuk Garuda sebagai representasi bangunan, lanjutnya, yang dianggap mampu merangkul keberagaman suku di Indonesia tanpa menimbulkan kecemburuan antardaerah.

"Desain ini menunjukkan bahwa istana negara harus menggambarkan ciri sebuah bangsa yang berwibawa dan kuat. Di kerangka sayap Istana Garuda bentuknya hendak memeluk, yang menurut saya mempunyai makna sebagai pelindung Bangsa Indonesia yang mampu merangkul keberagaman suku di Indonesia tanpa menimbulkan kecemburuan satu sama lain," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Asosiasi Museum: Desain Istana Garuda IKN perlu diapresiasi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024