Busana adat dikenakan Presiden Jokowi saat Sidang MPR RI 2024 simbol terima kasih Ibu Kota Jakarta

id Joko Widodo,pakaian adat,busana Betawi,sidang tahunan MPR, jokowi sidang tahunan MPR, presiden jokowi, sidang bersama DP

Busana adat dikenakan Presiden Jokowi saat Sidang MPR RI 2024 simbol terima kasih Ibu Kota Jakarta

Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). ANTARA/YouTube/DPR RI/Mentari Dwi Gayati

Jakarta (ANTARA) - Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Tarigan mengatakan bahwa pakaian adat Betawi yang dikenakan Presiden RI Joko Widodo memiliki makna sebagai simbol terima kasih untuk Kota Jakarta sebagai ibu kota dalam pidato kenegaraan terakhirnya.

Saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD di Gedung Nusantara Jakarta, Jumat, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian Bangsawan Ujung Serong asal Betawi.

"Presiden memaknai pakaian adat Betawi sebagai simbol terima kasih untuk Kota Jakarta yang sudah resmi menjadi Ibu Kota sejak 1966," kata Abetnego di Jakarta, Jumat.

Abetnego menjelaskan lebih lanjut bahwa pakaian adat yang dipilih oleh Presiden ini mencerminkan nilai-nilai kesopanan, ketaatan terhadap agama, kekuatan, dan kebijaksanaan.

Nilai-nilai itu disimbolkan dari warna dan motif yang tegas dan berani, serta kebijaksanaan yang sangat dihormati dalam budaya Betawi.

"Betawi merepresentasikan wajah Indonesia, jauh sebelum Indonesia merdeka, mengenai akulturasi yang kuat dari berbagai suku bangsa di Indonesia," katanya.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia KSP ini juga menjelaskan filosofi di balik baju adat Betawi yang dipakai Presiden, yaitu sebagai perjuangan bersama selama 10 tahun ini dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa demi memajukan Indonesia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KSP: Busana adat Presiden adalah simbol terima kasih Ibu Kota Jakarta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024