Kriyanusa 2024 wadah pamerkan produk penenun Indonesia

id Kriyanusa, kriyanusa 2024,Dekranas, nahdiana, kemendikbudristek

Kriyanusa 2024 wadah pamerkan produk penenun Indonesia

Direktur Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nahdiana saat ditemui dalam Pameran Kriyanusa 2024 yang digelar di Jakarta, Rabu (28/8/2024). ANTARA/Sinta Ambar

Jakarta (ANTARA) - Direktur Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nahdiana mengungkapkan, pameran Kriyanusa 2024 menjadi ajang pameran hasil karya penenun-penenun dalam negeri.

Kemendikbud dalam gelaran tersebut menghadirkan booth dengan menampilkan produk ekonomi kreatif seperti kain tenun hingga tas hasil produksi dari program kecakapan wirausaha yang merupakan hasil kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

"Kemendikbud bekerja sama dengan Dekranas untuk memberikan program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW). Harapannya akan lahir penenun-penenun baru dari kegiatan ini," ujar Nahdiana kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, lewat program yang juga merupakan implementasi dari kurikulum merdeka belajar tersebut juga diharapkan mampu mewariskan nilai-nilai luhur bangsa melalui produk yang berbasis kearifan dalam negeri.

Lebih jauh ia menambahkan, pihaknya tak hanya memberikan pelatihan dari sisi produksi, namun juga turut mendampingi dari sisi pemasaran produk.

Dalam booth Kemendikbud di gelaran Kriyanusa, terdapat atraksi memintal benang hingga menenun kain.

Pameran Kriyanusa 2024 merupakan salah satu wujud nyata upaya Dekranas dalam mengembangkan kapasitas pelaku usaha kriya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek: Kriyanusa 2024 tempat pamerkan produk program PKW
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024