Pameran Kriyanusa 2023 raih transaksi menggiurkan

id Dekranas,Pameran kriyanusa,UMKM,Kerajinan tangan,Kriya unggulan

Pameran Kriyanusa 2023 raih transaksi menggiurkan

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kelima kanan) bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ibu Wury Ma'ruf Amin (keempat kanan), Dewan Kehormatan Dekranas Mufidah Jusuf Kalla (kelima kiri) dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) memukul rebana saat pembukaan Kriyanusa 2023, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (13/9/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.

Jakarta (ANTARA) -
Setelah berlangsung selama lima hari, Pameran Kriyanusa 2023 resmi ditutup  Minggu (17/9), dengan mencatat nilai transaksi mencapai Rp 19 milyar dan kunjungan dari 46 ribu pengunjung.
 
“Kami sangat gembira dengan hasil pameran selama lima hari ini, bahwa berdasarkan data hingga siang hari ini pukul 14.00 WIB, didapat informasi jumlah pengunjung adalah sebanyak 46.795 orang dengan nilai transaksi yang mencapai Rp 19.634.114.500,” jelas Ketua Panitia Pameran Kriyanusa 2023, Sri Suparni Bahlil dalam keterangan resmi, Minggu.
 
Acara yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ini, mengangkat tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju” dan menjadi panggung bagi perajin terampil dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Berbagai produk kriya unggulan dihadirkan pada pameran ini seperti wastra, anyaman, gerabah, ukiran dan berbagai produk kreatif lainnya sebagai langkah dalam menjaga keberlangsungan warisan budaya Indonesia.
 
Terhitung ada sekitar 307 stan peserta yang mengisi pameran ini, terdiri dari perajin binaan Dekranas/Dekranasda dari seluruh Indonesia dan juga perajin binaan Kementerian/Lembaga/BUMN serta stan kuliner khas berbagai daerah.
 
Untuk menyemarakkan acara, ajang pameran yang berlangsung di Hall A Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat itu juga menyelenggarakan Lomba Penataan Stan dengan Produk Terbaik dan Lomba Karya Kriya Potensial.
 
"Dalam rangka memotivasi peserta pameran untuk mempersiapkan partisipasinya dengan lebih baik lagi, maka telah diadakan Lomba Penataan Stan dengan Produk Terbaik dan Lomba Karya Kriya Potensial,” tambah Sri Bahlil.
 
Penghargaan Lomba Penataan Stan dengan Produk Terbaik diberikan kepada tiga pemenang yang diumumkan pada hari penutupan. Juara pertama yakni Dekranasda Provinsi Lampung, diikuti oleh Kriya Sriwijaya Provinsi Sumatra Selatan, dan Provinsi Papua Tengah sebagai juara ketiga.

Sedangkan pada Lomba Karya Kriya Potensial dipilih empat pemenang terbaik yang dipilih
berdasarkan kriteria dari segi kreativitas, inovasi, dan daya jual.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pameran Kriyanusa 2023 catat nilai transaksi capai Rp 19 milyar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024