Diskop-UKM Kulon Progo kurasi produk kuliner segera naik kelas

id kurasi,produk UMKM,Kulon Progo,Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo

Diskop-UKM Kulon Progo kurasi produk kuliner segera naik kelas

Petugas Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo meneliti produk kuliner dan sayuran yang akan dijual di belabeliku.kulonprogo.go.id. (ANTARA/HO-Dokumen pribadi Iffaf Mufidati)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan kurasi berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah mulai dari produk kuliner hingga sayuran supaya segera naik kelas.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo Iffah Mufidati di Kulon Progo, Senin, mengatakan Diskop UKM melaksanakan kurasi berbagai hasil produk UMKM, yang diantaranya produk kuliner, dan juga ada sayur segar yang disajikan dalam kemasan.

"Hal ini ini bertujuan untuk menarik bagi konsumen, karena sayur dalam kemasan yang disajikan dan siap untuk dimasak tersebut memang lebih mudah dan lebih praktis," kata Iffah.

Ia mencontohkan Erna Ningsih seorang pelaku UMKM yang beralamat di Dayakan, Pengasih mengemas sayuran segar yang berupa, sayur bening, sayur lodeh, dan lain-lain dengan kondisi yang sudah rajang yang siap untuk dimasak, tanpa repot merajang terlebih dahulu.

"Sayur segar kemasan yang baru saja dikurasi oleh tim kurasi tersebut menarik bagi karyawan Diskop UKM, baik yang mengkurasi maupun yang tidak, tertarik untuk membeli," katanya.

Iffah juga mengatakan karyawan Diskop UKM membeli melalui akun belabeliku.kulonprogo.go.id, dan terlihat sayur segar kemasan tersebut laris terbeli.

Perlu untuk diketahui bahwa berbelanja melalui BelaBeliKu ini bukan hanya bisa dilakukan oleh ASN saja, namun masyarakat pun juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja.

Diharapkan berjualan melalui BelaBeliKu ini bisa memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kulon Progo untuk bisa memasarkan produknya pada pasar yang lebih luas.

"Dengan semakin luasnya pasar yang digunakan oleh pelaku UMKM lebih luas diharapkan bisa meningkatkan pendapatan serta meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku UMKM itu sendiri," katanya.