Presiden Jokowi meresmikan tol Solo-Yogyakarta Seksi I

id Presiden Jokowi, tol, Solo-Jogja

Presiden Jokowi meresmikan tol Solo-Yogyakarta Seksi I

Presiden Joko Widodo pada peresmian tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024). ANTARA/Aris Wasita

Boyolali (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meresmikan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis.

“Alhamdulillah sore ini jalan tol ruas Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Seksi 1 Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km sudah selesai dan siap dioperasikan,” katanya di sela peresmian.

Ia mengatakan pembangunan tersebut dilakukan dari tahun 2021 dan selesai pada tahun 2024 dengan menelan anggaran sebesar Rp5,6 triliun.

Presiden mengatakan dengan keberadaan tol akan meningkatkan aksesibilitas dan mengefisienkan waktu tempuh kendaraan dari Solo menuju Yogyakarta.

“Dulu waktu saya kuliah Solo-Jogja naik motor seingat saya 50 menit sudah sampai, sekarang dengan mobil bisa 3-3,5 jam, bahkan sampai 6 jam pernah,” katanya.

Menurut dia, lamanya waktu tempuh tersebut menjadi fakta di lapangan.

“Padahal kita butuh daya saing, kecepatan, ketepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi. Tol ini akan mengefisienkan waktu tempuh dari Kartasura menuju ke Jogja,” katanya.

Ia memperkirakan dengan adanya tol waktu tempuh akan lebih singkat, menjadi kurang lebih 30-50 menit.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi resmikan tol Solo-Yogyakarta Seksi I