Sejumlah kota besar di Indonesia diprakirakan hujan pada Senin

id BMKG,prakiraan cuaca

Sejumlah kota besar di Indonesia diprakirakan hujan pada Senin

Arsip foto - Awan mendung menyelimuti gedung-gedung di Kawasan Niaga Sudirman, Jakarta, Rabu (29/8). Menurut data BMKG, prakiraan cuaca di Jakarta mulai Selasa (28/8) hingga Senin (3/9) mendatang, umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan pada sore hingga malam hari.FOTO ANTARA/Dian Dwi Saputra/pd/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa sejumlah kota besar di Indonesia diperkirakan hujan, seperti Pekanbaru, Medan, Serang, Jakarta, Manado, Makassar, dan Jayapura.

Dalam keterangan yang dikutip pada Senin, prakirawan cuaca BMKG Rif'at Darajat menjelaskan, daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, kemudian dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Barat, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan, dari Papua Pegunungan hingga Papua Barat Daya.

"Selain itu, daerah pertemuan angin atau konfluensi terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Pulau Jawa. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," kata Rif'at.

Dia menuturkan, di Pulau Sumatra, kota Padang diperkirakan berasap atau berkabut, sementara hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Pekanbaru serta Tanjung Pinang. Adapun kota Medan dan Banda Aceh, katanya, diperkirakan turun hujan disertai kilat maupun petir.

Selanjutnya, kota Lampung diperkirakan berawan, dan kota Jambi diperkirakan berawan tebal. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Bengkulu, Palembang, serta Pangkal Pinang.

Adapun untuk Pulau Jawa, katanya, cuaca berawan tebal diperkirakan terjadi di kota Surabaya, Semarang, serta Yogyakarta. Kemudian, Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Serang serta Jakarta.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan hujan di sejumlah kota besar di Indonesia pada Senin
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024