Menlu Retno bahas penguatan hubungan bilateral dengan Tajikistan

id kerja sama air,sumber daya air,menlu ri,retno marsudi,menlu tajikistan,sirojiddin muhriddin,indonesia dan tajikistan,hub

Menlu Retno bahas penguatan hubungan bilateral dengan Tajikistan

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Luar Negeri Tajikistan Sirojiddin Muhriddin dalam pertemuan bilateral yang digelar di sela-sela Sidang ke-79 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Kamis (26/9/2024). ANTARA/HO-Kemlu RI.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tajikistan Sirojiddin Muhriddin untuk membahas penguatan hubungan bilateral dan kepentingan bersama di lingkup global.

Dalam pertemuan yang digelar di sela-sela Sidang ke-79 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pada Kamis waktu setempat itu, Menlu RI menyoroti pengembangan sumber daya air global sebagai salah satu sektor kerja sama yang berpotensi untuk diperkuat.

“Ke depan, Indonesia tertarik terus memperkuat kolaborasi dalam memajukan agenda air global serta mengembangkan kerja sama di bidang pembangkit listrik tenaga air dan pengembangan PLTS apung,” ucap Retno, menurut keterangan tertulis Kemlu RI yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut Retno, kerja sama tersebut wajar karena Tajikistan merupakan salah satu negara yang unggul dalam pemajuan isu air global. Dalam pertemuan tersebut, ia juga memaparkan capaian penyelenggaraan Forum Air Dunia (WWF) ke-10 di Bali, Mei lalu, yang dihadiri PM Tajikistan.

Lebih lanjut, kedua Menlu membahas penjajakan pembukaan Kedutaan Besar RI di Dushanbe serta pengembangan konsultasi politik antara kementerian luar negeri kedua negara sebagai upaya revitalisasi mekanisme bilateral.

 

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menlu RI bahas penguatan hubungan bilateral dengan Tajikistan