Unibraw jadi juara umum umum Pimnas XXV/2012

id pimnas

Unibraw jadi juara umum umum Pimnas XXV/2012

Logo Pimnas UMY 2012 (foto blog.umy.ac.id)

Jogja (ANTARA Jogja) - Universitas Brawijaya Malang meraih juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXV/2012 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sehingga berhak membawa Piala Adhikarta Kertawidya.

"Universitas Brawijaya (Unibraw) memperoleh total medali sebanyak 17 buah, terdiri atas delapan emas, enam perak, dan satu perunggu," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dasron Hamid di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pada penilaian presentasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Unibraw meraih enam emas, tiga perak, dan satu perunggu, sedangkan untuk poster PKM meraih dua emas, tiga perak, dan dua perunggu.

"Peringkat kedua Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXV/2012 yang berlangsung sejak 10 Juli 2012 itu ditempati Institut Pertanian Bogor (IPB) dan posisi ketiga diduduki Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya," katanya.

Ia mengatakan Pimnas XXV/2012 itu diikuti 400 tim dengan peserta sebanyak 1.799 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia.

"Mereka terbagi dalam enam kelompok yang dikompetisikan, yakni penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, karsa cipta, karya terapan, dan gagasan tertulis," kata Dasron.

Kepala Bagian Kemahasiswaan Unibraw Zuchro Wardi mengatakan pihaknya tidak menyangka dapat meraih juara umum. Dengan 24 tim, kontingennya dapat mengalahkan sejumlah kontingen yang mengirim lebih banyak tim.

"Keberhasilan meraih juara umum Pimnas itu merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, gelar juara umum Pimnas tersebut berturut-turut diraih pada 2008 dan 2009," katanya.

Menurut dia, ada beberapa persiapan yang telah dilakukan sebelum berlaga di PImnas XXV/2012, di antaranya dengan mengadakan karantina bagi para peserta. Karantina tersebut dilakukan selama tiga hari.

Dalam karantina mereka dilatih oleh para pakar ilmiah tentang bagaimana melakukan presentasi yang baik serta melatih mental mereka ketika nanti menghadapi lawannya.

"Selain itu, yang terpenting adalah tidak boleh sombong, sehingga mereka akan jauh lebih siap untuk berlaga. Upaya itu ternyata membuahkan hasil yang membanggakan," katanya.

Ia mengatakan, lomba PKM yang diadakan untuk mahasiswa baru juga menjadi salah satu kunci Unibraw mengembangkan kualitas penelitian mahasiswa. Lomba itu memang dirancang untuk menumbuhkan minat mahasiswa sejak awal masuk universitas.

"Lomba itu menjadi semacam miniatur Pimnas. Dengan demikian, mereka mempunyai bekal untuk mengikuti Pimnas yang sesungguhnya," kata Zuchro.

(B015)