UAD raih medali emas dan juara favorit Pimnas Ke-37

id uad,pimnas

UAD raih medali emas dan juara favorit Pimnas Ke-37

Rektor UAD Prof Dr Muchlas MT bersama pembina dan tim yang meraih penghargaan dalam Pimnas Ke-37 Tahun 2024. (ANTARA/HO-Humas UAD)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta meraih medali emas PKM-PM dan juara favorit PKM-RE pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-37 Tahun 2024 di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dalam Pimnas Ke-37, UAD meloloskan dua tim, yakni Tim Nalaria dan Tim Bandotan. Tim Nalaria berhasil meraih medali emas pada PKM-PM dan Tim Bandotan meraih juara favorit pada PKM-RE.

"Dua tim UAD yang tampil dalam Pimnas Ke-37 kompak meraih penghargaan. Tim Nalaria berhasil membawa pulang medali emas dan Tim Bandotan mendapat penghargaan sebagai tim favorit," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD Dr Gatot Sugiharto SH, MH di Kampus 4 UAD Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan, perjalanan UAD dalam mengikuti Pimnas Ke-37 penuh perjuangan. Awalnya, UAD mengajukan 140 judul (tim) untuk mengikuti Pimnas Ke-37. Dari jumlah tersebut, terdapat 40 tim yang lolos.

Namun, menurut Gatot, dari 40 tim UAD tersebut, yang berhak lolos dalam ajang Pimnas Ke-37 di Universitas Airlangga Surabaya hanya 2 tim, yakni Tim Nalaria dan Tim Bandotan. Meskipun secara kuantitas sedikit, secara kualitas 2 tim yang mewakili UAD di Pimnas Ke-37 sangat bagus.

"Dua tim UAD tampil luar biasa sehingga mampu meraih medali emas dan juara favorit. Dua tim ini berhasil menjadikan UAD sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik dalam Pimnas Ke-37," kata Gatot.

Rektor UAD Prof Dr Muchlas MT menyampaikan apresiasi terhadap capaian Tim Nalaria dan Tim Bandotan dalam Pimnas Ke-37. Apresiasi itu akan diwujudkan dengan pemberian penghargaan akademik kepada mahasiswa dari Tim Nalaria dan Tim Bandotan.

"Atas nama pimpinan, kami mengucapkan terima kasih dan merasa bangga atas pencapaian dua tim UAD yang berhasil memperoleh penghargaan dalam Pimnas Ke-37. Pencapaian mahasiswa dalam Pimnas Ke-37 dapat direkognisi ke mata kuliah tertentu atau sebagai tugas akhir," katanya.

Ia mengatakan kemenangan dalam Pimnas Ke-37 bukan proses yang mudah, karena membutuhkan perjuangan ekstra dan perencanaan yang matang yang melibatkan Bimawa dan PKM Center UAD.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Bimawa dan PKM Center yang telah bekerja keras membina tim UAD sehingga mampu meraih penghargaan di ajang Pimnas Ke-37. Kami berharap akan ada lebih banyak tim UAD yang bisa mencetak prestasi di ajang Pimnas pada tahun-tahun mendatang," tutur Muchlas.