Sleman raih penghargaan anugerah Parahita Ekapraya

id slemn raih penghargaan

Sleman raih penghargaan anugerah Parahita Ekapraya

Kabupaten Sleman (istimewa)

Sleman (ANTARA Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya yang diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Gumelar pada puncak peringatan Hari Ibu ke 84 di Gedung Smesco, Jakarta.

"Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ini diterima Bupati Sleman Sri Purnomo atas prestasi Pemerintah Kabupaten Sleman dalam upayanya mewujudkan kabupaten berkeadilan gender," kata Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Rabu.

Menurut dia, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Strata Pratama adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi dan kontribusi dalam mendukung pelaksanaan dan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Sleman dinilai menjadi kabupaten yang memberi perhatian pada pengarusutamaan gender melalui berbagai program yang dilakukan diantaranya dengan adanya laktasi bagi ibu hamil serta tersedianya fasilitas kamar mandi dan ruang ganti antara tenaga kerja wanita dan laki-laki," katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan Sleman dalam mewujudkan pembangunan daerah yang berwawasan gender dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Gender yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Pada kesempatan yang sama sejumlah prestator dari Kabupaten Sleman turut serta mendapatkan penghargaan," katanya.

Berdasar SK Gubernur DIY No. 368/ KEP/ 2012 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Pengelola Terbaik Program-Program Pemberdayaan Perempuan Tingkat Provinsi 2012 sejumlah empat prestator Sleman berhasil meraih penghargaan diantaranya adalah Peringkat I Pengelola Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) dari Desa Sumbersari Kecamatan Moyudan.

Peringkat I Bina Keluarga Balita diraih Kelompok Teratai Merah, Condongcatur, Depok serta Peringkat I Pengelola Bina Keluarga Balita yang diraih Ketua TP PKK Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo.

"Di samping itu ,PT Adi Satria Abadi Sleman juga berhasil meraih Peringkat Pertama sebagai Perusahaan Pembina Terbaik Tenaga Kerja Perempuan," katanya.

(U.V001)