Akademisi : kolaborasi peneliti-praktisi SIE tingkatkan riset

id riset

Akademisi : kolaborasi peneliti-praktisi SIE tingkatkan riset

Ilustrasi riset (Foto sro.web.id)

Jogja (Antara Jogja) - Kolaborasi peneliti dan praktisi dalam bidang sistem informasi enterprise penting karena dapat meningkatkan kualitas dan kemajuan riset bidang tersebut, kata Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Nandang Sutrisno.

"Hal itu diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem informasi enterprise (SIE) dan mendorong riset yang lebih bermanfaat dan berorientasi praktis," katanya di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pada "International Conference on Enterprise Information System and Application (Icentrisa) 2013", SIE dapat digunakan untuk mengintegrasikan antarbagian dalam organisasi dan antarorganisasi baik organisasi bisnis maupun nonbisnis.

Integrasi antarbagian dalam organisasi dan antarorganisasi itu akan memudahkan proses dan aliran bisnis di dalamnya. Dengan integrasi itu komunikasi antarbagian akan lebih mudah dan "real time".

"Dalam organisasi bisnis, penerapan SIE akan membawa banyak keuntungan karena dapat mengurangi biaya, menciptakan efektivitas dan efisiensi, mengintensifkan hubungan dengan pemangku kepentingan dan menghasilkan solusi `real time`," katanya.

Ketua panitia konferensi Teduh Dirgahayu mengatakan, Icentrisa 2013 adalah forum ilmiah untuk memaparkan hasil riset baru dan bertukar ide terkait aplikasi dan sistem informasi perusahaan.

"Peserta yang terlibat dalam konferensi itu merupakan ilmuwan, peneliti, dan praktisi di bidang sistem dan informasi dari berbagai negara," kata dosen Program Studi Teknik Informatika dan Magister Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII itu.

Menurut dia, forum tersebut memberikan kesempatan kepada para praktisi, akademisi, pengguna, pengelola, dan pengamat sistem informasi untuk saling berbagi pengetahuan, ide, gagasan, dan pengalaman disiplin ilmu sistem informasi.

"Konferensi itu diharapkan akan membentuk masyarakat yang bisa menuntun perwujudan sistem informasi sebagai salah satu solusi yang mengantarkan kehidupan yang lebih baik bagi bangsa ini," katanya.

Konferensi yang diselenggarakan Program Studi Teknik Informatika FTI UII itu diikuti delegasi dari Australia, India, Indonesia, Malaysia, Taiwan, dan Polandia.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024