GLZoo menerima titipan satwa kijang dari BKSDA

id glzoo menerima titipan

GLZoo menerima titipan satwa kijang dari BKSDA

Gembira Loka Zoo Yogyakarta (Foto Dok GLZoo)

Jogja (Antara Jogja) - Gembira Loka Zoo Yogyakarta menerima penitipan sejumlah satwa di antaranya seekor kijang dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta.

"Selain itu, Gembira Loka Zoo juga menerima sumbangan seekor lutung merah betina dari dari Aditri Septyanto, warga asal Nganjuk, Jatim, belum lama ini," kata Kabid Perawatan Satwa GLZoo, Miftah Nur Khasan di Yogyakarta, Selasa.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta datang untuk menitipkan seekor kijang betina tersebut di Gembira Loka Zoo (GLZoo), pekan lalu, katanya.

Sementara itu, Kepala Resort KSDA Kota Yogyakarta, Purwanto, menjelaskan seekor kijang atau muncak ini merupakan penyerahan dari pengurus Sanggar Anak Alam (Salam) Dusun Nitiprayan, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul-DIY.

"Kijang berumur lima tahun itu sudah cukup jinak karena sejak kecil dipelihara di sekitar sanggar tersebut. Waktu umur tiga bulan, kijang kecil itu ditemukan di pinggir jalan di wilayah Jember, Jawa Timur. Induknya ditembak pemburu, maka anaknya dibawa pulang untuk dipelihara," katanya.

Menurut Dirut GLZoo Yogyakarta KMT. A. Tirtodiprodjo, pihaknya selama ini memang menerima titipan sementara sejumlah satwa langka yang dilindungi yang berhasil disita dari masyarakat dalam operasi gabungan jajaran kepolisian bersama BKSDA Yogyakarta.

"Hasil sitaan tersebut dititipkan sementara di GLZoo untuk dirawat dan dipelihara dengan cara yang benar.Jumlah pasti satwa langka yang dititipkan itu, saya tidak tahu persis. Namun sekali menitipkan ada tiga hingga lima ekor satwa berbagai jenis, dan hingga beberapa kali menitipkan," katanya.

(U.H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024