Bukittinggi alokasikan Rp515 juta sukseskan TDS 2014

id tur de singkarak

Bukittinggi alokasikan Rp515 juta sukseskan TDS 2014

Ilustrasi Tour de Singkarak (antaranews.com) (antaranews.com)

Bukittinggi (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengalokasikan dana sebesar Rp515.359.000 juta pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 guna menyukseskan Tour de Singkarak (TdS) tahun 2014

"Saat ini untuk persiapan TdS sudah 90 persen. Pada TdS tahun ini total hadiah seluruhnya sebesar Rp1.3 miliar," kata Leni Herlinda Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi, Rabu.

Jadwal TdS pada 7 - 15 Juni 2014 dengan rute 18 Kabupaten/kota dengan sembilan etape. TdS direncanakan dibuka pada 6 Juni 2014 di Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman itu, diikuti 20 tim (16 peserta dari luar negeri dan empat nasional).

"Grand star TdS etape pertama (116 Km) pada 7 Juni di Kabupaten Padang Pariaman dan finis di Kota Pariaman. Para peserta menginap di Kota Bukittinggi," katanya.

Etape II (133 Km) direncanakan tanggal 8 Juni, start di Pasaman dan finis di Pasaman Barat dan menginap di Bukittinggi. Etape III (133 Km) pada 9 Juni dengan star Limapuluh Kota dan finis di Tanah Datar dan juga menginap di Bukittinggi, katanya.

Untuk etape IV (181 Km) tanggal 10 Juni star di Bukittinggi dan finish di Puncak Lawang Kabupaten Agam. Etape V (135 Km) pada 11 Juni star di Payakumbuh dan finis di Kabupaten Solok.

Etape VI (135 Km) pada 12 Juni star di Padang Panjang dan finis di Kota Solok. Etape VII (115 Km) pada 13 Juni star di Sijunjung dan finis di Dharmasraya, Etape VIII (177 Km) pada 14 Juni star di Sawahlunto dan finis di Solok Selatan dan etape IX (125 Km) pada 15 Juni dengan star di Pesisir Selatan dan finis di Padang.

Pada star etape IV di Bukittinggi itu, katanya, rute yang dilalui (star di pelantaran Jam Gadang tepatnya depan BRI) jalan A. Yani, (bawah Jembatan Limpapeh) menuju Simpang Tembok, terus ke Jalan Veteran, Jirek, Luak Anyir, Kantor Balai Kota, Jalan Raya By Pass.

Selanjutnya, katanya, menuju Simpang Surau Gadang terus Jalan Mandiangin, Simpang Mandiangin, Jalan Soekarno Hatta menuju depan Masjid Baitul Jalal terus melewati rumah kelahiran Bung Hatta terus ke Pasar Banto, Jalan Pemuda, Jalan Kesehatan, Jalan A. Rivai (depan RSAM), Jalan Panorama menuju Simpang DPRD terus ke Simpang Kangkung, Jalan Sudirman menuju batas kota dan finis di Puncak Lawang, Kabupaten Agam. (KR-HMR)
    

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024