Baron Technopark ditargetkan jadi sumber energi terbarukan

id Baron Technopark

Baron Technopark ditargetkan jadi sumber energi terbarukan

Seorang petugas berjalan di dekat pembangkit listrik tenaga surya di Balong Technopark, Kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta. Baron Technopark merupakan kawasan di pesisir Pantai Baron yang akan dikembangkan menjadi kawasan pariwisata berbas

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Daerah Istimewa Yogyakarta menargetian Baron Technopark di Kabupaten Gunung Kidul dapat dimanfaatkan sebagai suber energi baru terbarukan pada 2019.

"Pada 2019, kami targetkan dimanfaatkan untuk skala nasional," kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi DIY Unggul Priyanto di Gunung Kidul, Kamis.

Ia mengatakan pada 2015, Baron Technopark dikembangkan sebagai sarana edukasi riset dan pengembangan, pelatihan dan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) untuk meningkatkan kualitas riset dan sumber daya manusia (SDM) di bidang EBT.

"Kami menjadikan Baron Technopark sebagai model kawasan wisata edukasi dan mandiri energi melalu pemanfaatan teknologi energi baru terbarukan (EBT)," katanya.

Selain itu, pada 2016 Kawasan Baron Technopark menjadi daerah seluruh aktifitasnya menggunakan listrik energi baru dan terbarukan untuk kegiatan ekonomi kawasan. Selanjutnya, 2017 sistem kelistrikan Baron terintegrasi dengan jaringan listrik PLN yakni sumber EBT, PLTB, PLTS skala besar.

"Pada 2018 melakukan optimalisasi unjuk kerja pembangkit listrik dan sietem kelistrikan seta tenkonologi penggunanya," kata Unggul.

Ia mengatakan sasaran akhir 2019 yakni Baron Technopark berfungsi sebagi kawasan edukasi, R&D pelatihan dan desiminasi tennoloki pemanfaatan EBT berskala nasional.

"Kami mengembangkan Baron Technopark secara bertahap," katanya.

Penjabat Bupati Gunung Kidul Budi Antono mengungkapkan adanya Baron Technopark bisa digunakan untuk pengembangan energi terbarukan seperti panas matahari, dan angin. Diharapkan kedepan bisa menjadi wisata minat khusus, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Ke depan semoga bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar," kata Budi.

Selain itu, sebagai laboratorium teknologi terbarukan, bisa dimanfaatkan oleh beberapa sekoah tinggi di DIY untuk penelitian.

"Di Yogyakarta banyak perguruan tinggi bisa memanfaatkan Baron Technopark untuk penelitian," katanya.***1***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024