Pemkot Yogyakarta deklarasikan Germas

id Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Pemkot Yogyakarta deklarasikan Germas

Pemerintah Kota Yogyakarta (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama berbagai elemen masyarakat dan perwakilan pemerintah di daerah ini sepakat mendeklarasikan komitmen bersama untuk hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sudah dicanangkan secara nasional satu tahun lalu di Kabupaten Bantul DIY dan sekarang dideklarasikan bersama di Kota Yogyakarta," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Fita Yulia Kisworini, usai deklarasi Germas, di Yogyakarta, Selasa.

Di Kota Yogyakarta, terdapat empat imbauan dalam deklarasi Germas yang meliputi ajakan untuk melakukan kegiatan fisik minimal 30 menit sehari, makan buah dan sayur, melakukan pengecekan kesehatan secara rutin, dan menaati Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Menurut Fita, imbauan untuk menjalankan pola hidup sehat tersebut sudah banyak dijalankan oleh masyarakat Kota Yogyakarta termasuk di lingkungan pemerintah daerah.

Beberapa program kegiatan di masyarakat yang masuk dalam Germas di antaranya pelaksanaan posbindu di wilayah serta di lingkungan kerja Pemerintah Kota Yogyakarta yang bertujuan melakukan antisipasi penyakit tidak menular sejak dini.

"Seperti diketahui, enam dari 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di Kota Yogyakarta adalah penyakit tidak menular, seperti stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, kanker hingga diabetes melitus," katanya.

Padahal, lanjut Fita, berbagai penyakit tidak menular tersebut dapat diantisipasi sejak dini dengan menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat termasuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah serta berolahraga rutin.

"Kami pun sudah memberikan imbauan kepada seluruh organisasi perangkat daerah agar selalu memasukkan menu sayur dan buah dalam hidangan-hidangan rapat atau pertemuan," kata Fita.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi berharap, deklarasi Germas tidak hanya berakhir menjadi sebuah deklarasi saja, tetapi menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota Sehat.

"Germas adalah tanggung jawab bersama yang ditujukan untuk melakukan pencegahan penyakit sejak dini atau mengedepankan upaya promotif dan preventif daripada kuratif," katanya lagi.

(E013)


Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024