BUMN HADIR - Peserta SMN Yogyakarta dibekali ilmu jurnalistik (Video)

id Smn 2018,BUMN hadir untuk negeri

Redaktur senior LKBN Antara biro Yogyakarta Nusarina Yuliastuti memberikan pembekalan ilmu jurnalistik kepada peserta Program SMN 2018 di Yogyakarta, Rabu (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 siswa peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri dibekali ilmu jurnalistik serta pembuatan video untuk media sosial.
          
Pembekalan yang digelar di Yogyakarta, Rabu, tersebut menampilkan sejumlah pemateri dari Perum LKBN Antara biro Yogyakarta yakni Nusarina Yuliastuti (redaktur Antara), Andreas Fitri Atmoko (Pewarta Foto Antara), dengan moderator Bambang Sutopo Hadi (redaktur Antara), serta Youtuber Yogyakarta Bagoes Kresnawan.
           
Nusarina dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa menjadi seorang jurnalis atau pewarta membutuhkan energi yang kuat serta tidak gentar menghadapi tantangan dalam setiap tugas peliputan.
            
 "Pekerjaan seorang wartawan tidak mengenal jam. Siang dan malam harus selalu siap jika ada peristiwa yang harus diliput," kata dia.
             
 Meski demikian, di sisi lain dunia jurnalistik juga merupakan pekerjaan yang unik dan menyenangkan karena setiap harinya akan memeroleh banyak pengalaman yang selalu dinamis di lapangan.
                
Menurut dia, untuk menjadi wartawan yang andal dituntut untuk banyak membaca dan berlatih menulis sebagai modal awal agar lebih luwes dalam membuat karya jurnalistik.
                 
Nusarina menjelaskan bahwa berita yang akan ditulis dalam sebuah media harus berdasarkan kaidah jurnalistik 5W1H yakni What (apa), Where (dimana) When,(kapan) Why (mengapa), Who (siapa) dan How (bagaimana).
                
 "Berita juga tidak boleh bermuatan opini atau kesimpulkan pribadi wartawan, semua yang ditulis harus seusuai fakta," kata dia lagi.
           
Sementara pewarta Foto Antara, Andreas Fitri Atmoko menjelaskan bahwa foto jurnalistik adalah sebuah bentuk dari jurnalisme yang menggunakan gambar-gambar dalam upaya mengabarkan sebuah berita kepada orang lain.
           
"Pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan berita tulis, namun foto jurnalistik menggunakan foto lebih menggunakan gambar untuk mengungkapkan sebuah peristiwa," kata dia.
             
Dalam pelatihan jurnalistik itu, para peserta SMN 2018 tampak antusias, khsusnya pada saat mengikuti praktik peliputan dan menuliskan berita.
              
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
               
Program yang berlangsung di Yogyakarta tersebut diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura (AP) 1 selaku penanggung jawab dengan menggandeng BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
Baca juga: BUMN HADIR - Kadisdikpora DIY membuka kegiatan pembekalan Siswa Mengenal Nusantara 2018 (Video)
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar