DPRD respon positif terpilihnya sekda Bantul

id DPRD Bantul,Sekda Bantul

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantul, DIY (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merespon positif atas terpilihnya Helmi Jamharis sebagai Sekretaris Daerah Bantul setelah menyingkirkan dua kandidat lain dalam seleksi.

"Saya meyakini tidak hanya saja saya pribadi, namun juga mayoritas kalangan DPRD merespon positif terpilihnya Pak Helmi sebagai Sekda (Sekretaris Daerah)," kata Anggota Komisi B DPRD Bantul Setiya menanggapi terpilihnya Sekda di Bantul, Minggu.

Helmi Jamharis selaku Asisten Bidang Pemerintahan Setda Bantul meraih nilai tertinggi dari dua kandidat lain yaitu Hermawan Setiadji (Kepala Satuan Polisi Pamong Praja) dan Pulung Haryadi (Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan dalam proses seleksi Sekda Bantul.

"Proses seleksi dilakukan secara relatif baik dengan berbasis kepada uji kompetensi dan tes lain yang diperlukan untuk menseleksi dan mendapatkan hasil terbaik," katanya.

Setiya mengatakan, figur Helmi Jamharis selama ini dikenal baik, memegang integritas diri dan konsistensi terhadap aturan perundangan. Namun diakui meski setiap pribadi memiliki kekurangan dan kelemahan, namun bisa diperbaiki.

"Salah satu kelemahan beliau adalah `low profile`, jadi terkesan kurang inisiatif. Saya pribadi berharap Pak Helmi saat menjadi sekda bisa lebih proaktif," kata Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bantul ini.?

?"Misalnya dalam pola hubungan dengan lembaga legislatif. Ada banyak hal yang bisa ditingkatkan bila Sekda sebagai perwakilan birokrasi proaktif mencari titik temu dan bukan menunggu," katanya.

Dia juga mengatakan, seorang Sekda juga mampu menjadi pemimpin atas seluruh birokrasi di bawahnya, mampu merangkul semua potensi SDM, selain itu sekda juga harus menguasai persoalan mendasar dan isu yang berkembang dalam lingkup pemerintahan daerah.

"Selain aspek kapasitas standar saya berharap sekda bisa menjadi figur yang komunikatif, baik ke internal organisasi pemda maupun ke luar termasuk komunikasi ke mitra kerja dalam hal ini kepada DPRD yang menjadi wakil rakyat," katanya.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar