Menristekdikti meluncurkan mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta

id Mobil listrik,Universitas Negeri Yogyakarta,Menristekdikti

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir (ketiga dari kanan) meluncurkan prototipe mobil listrik garuda Universitas Negeri Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat malam (21/06/2019). (ANTARA News/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meluncurkan prototipe mobil listrik garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

"Ini adalah capaian yang luar biasa. Masalah inovasi bidang mobil listrik tidak cukup sampai di sini," kata Nasir dalam acara peluncuran mobil listrik tersebut sebagai bagian acara peringatan Dies Natalis ke-55 Universitas Negeri Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat malam.

Dia menuturkan mobil listrik adalah mobil masa depan karena mengusung hemat energi, ekonomi hijau dan menghindari polusi udara. Bahkan sejumlah negara di dunia yang telah dan sedang mengembangkan mobil listrik, dan dunia akan bergerak untuk menciptakan kendaraan yang bebas polusi.

Untuk itu, Indonesia harus terus meningkatkan inovasi di bidang kendaraan listrik dan ramah lingkungan.

Baca juga: Menristekdikti: Indonesia memproduksi mobil listrik pada 2025

Rektor Universitas Negeri Yogyakara (UNY) Sutrisna Wibawa menuturkan mobil listrik garuda UNY tersebut merupakan karya inovatif mahasiswa Fakultas Teknik UNY.

Bersamaan dengan mobil Listrik, ditampilkan juga mobil hemat energi peraih Rekor Asia dengan hitungan satu liter baha bakar minyak dapat menempuh 283 kilometer.

Mobil listrik tersebut berukuran panjang 2,8 meter dan lebar 1,5 meter. Mobil itu dapat menempuh jarak 70 kilometer per dua jam, berdaya 10 kW. Mobil listrik itu menggunakan 90 persen komponen lokal.

Baca juga: Pengembangan mobil listrik perlu kesiapan teknologi

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar