Diskominfo DIY menggelar Pagelaran Teknologi Informasi dan Komunikasi 2019

id Pegaleran TIK,Diskominfo,Yogyakarta,Gojek

Diskominfo DIY menggelar Pagelaran Teknologi Informasi dan Komunikasi 2019

Kepala Diskominfo DIY Rony Primantoro (tengah) bersama VP Region Gojek Jawa Tengah DIY Delly Nugraha (kanan) saat jumpa pers di Yogyakarta, Sabtu, (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Pagelaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2019 di Loop Telkom, Yogyakarta 7-12 September 2019.

Kepala Diskominfo DIY Rony Primantoro saat jumpa pers di Yogyakarta, Sabtu, mengatakan penyelenggaraan Pagelaran TIK 2019 yang didukung Gojek bertujuan menstimulus perkembangan TIK di DIY sekaligus mengedukasi kaum milenial agar lebih bijak dalam penggunaan TIK.

"Kami mengharapkan ini akan menjadi program unggulan Pemda DIY untuk mengangkat potensi TIK di Yogyakarta," kata Rony.

Menurut dia, potensi pengembangan TIK di Yogyakarta cukup besar karena saat ini hampir seluruh perguruan tinggi di Yogyakarta memiliki jursan TIK. Di sisi lain, jumlah SDM yang bergelut di berbagai bidang berbasis TIK juga tidak sulit ditemukan di Yogyakarta.

"Kegiatan TIK banyak dan hampir semua kegiatan yang menggunakan TIK di Yogyakarta pada akhirnya viral di internet," kata dia.

Oleh sebab itu, untuk mengangkat potensi mereka, penyelenggaraan Pegalaran TIK menjadi salah satu program prioritas Diskominfo DIY. Pasalnya, selain meningkatkan potensi TIK, pagelaran itu ditujukan untuk memperkenalkan produk-produk TIK di Yogyakarta kepada masyarakat luas.

"Kami berharap akan muncul banyak startup (pelaku usaha rintisan) dan industri kreatif berbasis TIK dari DIY yang bertaraf nasional bahkan internasional," kata Rony.

Sementara itu, VP Region Gojek Jawa Tengah DIY Delly Nugraha mengatakan partisipasi dan dukungan di Pagelaran TIK Diskominfo DIY merupakan wujud semangat Gojek untuk ikut memajukan industri kreatif Yogyakarta sekaligus memperkuat posisi Yogyakarta sebagai smart province melalui teknologi yang dimiliki Gojek.

"Yogyakarta memiliki makna tersendiri bagi Gojek, selain menjadi kota dimana Gojek memiliki pertumbuhan yang tinggi, Yogyakarta sudah dikenal luas sebagai kota budaya dan kiblat industri kreatif Indonesia," kata Delly.

Rangkaian Pagelaran TIK 2019 di Yogyakarta terdiri atas Seminar Nasional Smart Area Sumbu Filosofi pada 10 September pameran TIK di Loop Telkom Yogyakarta pada 7-8 September, hingga acara puncak Pagelaran TIK berupa peluncuran aplikasi Jogja Istimewa versi terbaru di Monumen Serangan Umum 1 Maret pada 12 September 2019.

"Gelaran ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Yogyakarta. Kami berharap ajang ini dapat terus berlangsung dan melibatkan banyak pihak yang mempunyai semangat yang sama untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai smart province, serta membawa industri kreatif lokal mendunia," kata Delly.