Pimpinan definitif DPRD Gunung Kidul 2019-2024 dilantik

id Pimpinam definitif,Gunung Kidul

Pimpinan definitif DPRD Gunung Kidul 2019-2024 dilantik

Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, periode 2019-2024 resmi dilantik. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, periode 2019-2024 resmi dilantik setelah rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah janji.

Pelantikan pimpinan DPRD diselenggarakan setelah turunnya surat keputusan Gubernur DIY Nomor 222/KEP/2019 tanggal 25 September 2019.

Dalam kesempatan tersebut, pimpinan dewan periode 2019-2024 yang dilantik ialah pada posisi Ketua DPRD Gunung Kidul Endah Subekti Kuntaringsih dari Partai PDIP, Wakil Ketua I DPRD Gunung Kidul Suharno harno dari Partai Nasdem, Wakil Ketua II DPRD Gunung Kidul Wiwik Widiastuti dari Partai PAN dan Wakil Ketua III DPRD Gunung Kidul Heri Nugroho dari Partai Golkar.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Senin, memberikan ucapan selamat kepada para pimpinan definitif DPRD Gunung Kidul yang akan menjabat dalam periode 2019-2024 mendatang.

"Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul mengucapkan selamat kepada pimpinan dewan yang terpilih periode 2019-2024. Kami berharap pimpinan DPRD yang akan memberikan kontribusi nyata dalam keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik," kata Badingah.

Badingah mengatakan kecakapan dan kebijakan dalam mengkordinasikan seluruh tugas utama DPRD harus dimiliki oleh setiap pimpinan maupun alkap DPRD, sehingga tugas pokok dan fungsinya dapat dijalankan.

Badingah berharap seluruh unsur DPRD Gunung Kidul mampu untuk menjalin kemitraan dan bersinergi dengan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Kidul.

"Kemampuan mensinergikan tugas dan kewenangan, akan mendorong dinamika daerah yang semakin produktif terutama pemberdayaan dan pengembangan potensi pariwisata sebagai penggerak pembangunan," harapannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Gunung Kidul Endah Subekti Kuntariningsih dengan dilantiknya jajaran pimpinan DPRD ini maka akan mengoptimalkan kinerja dijajaran dewan. Namun demikian, dirinya belum bisa menentukan program-program lantaran belum terbentuknya alkap.

"Kita bentuk alkapnya dulu baru bisa kita sampaikan program dan rencana kami kedepan," ucap Endah.

Namun begitu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melakukan tugas dan fungsinya. Sehingga hal-hal yang menjadi tanggungjawab sebagai pimpinan maupun anggota DPRD segera berjalan.

"Kami teman-teman juga segera untuk bekerja keras. Semoga tugas yang kami emban ini menjadikan amanah dan kerja keras kita demi kesejahteraan rakyat," ucap Endah.