Pemasangan girder jembatan GL Zoo ditargetkan rampung selama 10 hari

id Girder,jembatan,GL Zoo

Pemasangan girder jembatan GL Zoo ditargetkan rampung selama 10 hari

Pemasangan girder di jembatan lama GL Zoo Yogyakarta (HO-DPUPKP Kota Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta menargetkan pemasangan girder beton untuk pekerjaan revitalisasi jembatan lama GL Zoo dapat dirampungkan dalam waktu 10 hari.

“Hari ini mulai dipasang. Ada lima girder, masing-masing tujuh segmen,” kata Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Umi Akhsanti di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, hitungan penyelesaian pemasangan girder beton dalam 10 hari didasarkan pada target pemasangan satu girder yang membutuhkan waktu sekitar dua hari, sudah sekaligus dengan pemasangan perancah.

Selama pekerjaan pemasangan girder, Umi memastikan tidak akan ada penutupan jalan sehingga lalu lintas berjalan seperti biasa. ”Jembatan di sisi utara masih tetap bisa dilalui seperti biasa,” kata Umi.

Pada saat pemasangan girder, terdapat satu tiang listrik milik PT PLN yang berada di tengah jembatan di sisi utara yang harus dipindah karena menghalangi proses pemasangan girder beton.

“Kami berkoordinasi dengan PT PLN untuk pemindahan tiang listrik,” kata Umi yang berharap seluruh pekerjaan revitalisasi jembatan lama GL Zoo tersebut bisa diselesaikan sesuai tata kala kontrak yaitu pada 28 Desember.

Dana yang dialokasikan untuk revitalisasi jembatan lama GL Zoo mencapai sekitar Rp6 miliar. Jembatan tersebut akan memiliki lebar tujuh meter dan panjang 46 meter.

Selain difungsikan sebagai akses utama masuk ke Kota Yogyakarta, jembatan tersebut juga akan digunakan sebagai penanda batas kota sehingga nantinya akan didesain secara artistik dilengkapi “sclupture”.

Setelah melakukan perbaikan di jembatan lama, DPUPKP Kota Yogyakarta merencanakan pekerjaan revitalisasi jembatan GL Zoo yang saat ini digunakan sebagai akses utama lalu lintas ke Kota Yogyakarta dalam beberapa tahun mendatang karena usia jembatan sudah tua.

Desain yang akan diterapkan mengikuti desain yang kini digunakan untuk revitalisasi jembatan lama GL Zoo yaitu menggunakan konstruksi beton dan tidak lagi menggunakan konstruksi baja.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar