Yogyakarta bangun "Grisela" dukung kesejahteraan warga lansia

id Grisela,lansia,griya sejahtera lansia,yogyakarta

Yogyakarta bangun "Grisela" dukung kesejahteraan warga lansia

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Yogyakarta berencana membangun Griya Sejahtera Lansia untuk mendukung upaya pemenuhan kesejahteraan bagi warga lanjut usia di Yogyakarta sekaligus mewujudkan Yogyakarta menjadi kota ramah lansia.
 

“Tahun ini, detail engineering design (DED) untuk griya sejahtera lansia (grisela) disusun dan diharapkan pembangunan fisik bisa mulai dilakukan pada 2021,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat di Yogyakarta, Selasa.
 

Menurut dia, Dinas Sosial Kota Yogyakarta akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) setempat selaku instansi yang memiliki kewenangan perencanaan dan pembangunan gedung untuk penyusunan DED.
 

Selain menyusun DED pembangunan gedung, juga akan dilakukan kajian terkait lokasi ideal untuk pembangunan Grisela. Saat ini, ada dua lokasi yang dinilai dapat dimanfaatkan untuk membangun Grisela  yaitu Rumah Sehat Lansia atau di Panti Werdha Budi Dharma.
 

“Kami berharap, Grisela ini bisa dibangun di Budi Dharma. Nantinya, akan ada gabungan layanan sosial dan layanan kesehatan. Berdasarkan hasil survei, dua layanan tersebut sangat dibutuhkan lansia,” kata Agus.
 

Salah satu bentuk layanan yang nantinya bisa diakses lansia di Grisela adalah day care layaknya layanan penitipan anak balita yang selama ini sudah dikenal masyarakat.
 

“Ada layanan penitipan lansia. Tetapi kami juga tidak meninggalkan layanan yang harus dilakukan pemerintah yaitu mengurus lansia yang terlantar,” katanya.
 

Grisela tersebut, lanjut Agus, akan diarahkan menjadi layanan umum daerah bahkan tidak menutup kemungkinan adanya layanan berbayar bagi masyarakat mampu.
 

“Mengurus lansia bukan pekerjaan ringan sehingga fasilitas pendukung pun harus dipenuhi, termasuk sumber daya manusia (SDM) yang akan bertugas pun harus profesional. Ada perawat dan dokter,” katanya.
 

Ia menambahkan layanan yang bisa diakses di Grisela tersebut melengkapi layanan yang selama ini sudah dijalankan di panti werdha.

“Layanan panti sudah diampu sepenuhnya oleh Pemerintah DIY. Tetapi, ada keterbatasan layanan yang bisa dilakukan sehingga kami ingin melengkapi layanan tersebut supaya kesejahteraan lansia benar-benar bisa terjaga,” katanya.
 

Selain Grisela, upaya Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memberikan perhatian besar kepada lansia juga dilakukan dengan penyiapan kanal Gersala.
 

Melalui kanal tersebut, lansia bisa mengakses aplikasi yang sudah disiapkan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan mereka dan aplikasi tersebut diharapkan sudah dapat diluncurkan tahun ini.

“Upaya-upaya untuk mendukung kesejahteraan lansia harus dilakukan. Karena, jika tidak ada intervensi apapun maka dikhawatirkan lansia justru akan menjadi beban bagi kota,” katanya.
 

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024