Bupati Kulon Progo imbau masyarakat shalat Ied di rumah

id Bupati Kulon Progo,Pencegahan COVID-19,COVID-19,Kulon Progo,Salat Ied

Bupati Kulon Progo imbau masyarakat shalat Ied di rumah

Bupati Kulon Progo Sutedjo. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Dalam maklumat tersebut dianjurkan tidak dilaksanakan takbir keliling pada malam Idul Fitri 1441 H/2020 M sehingga kami juga mengimbau kepada masyarakat melaksanakan anjuran tersebut.
Kulon Progo (ANTARA) - Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sutedjo mengimbau seluruh elemen masyarakat di wilayah ini untuk menjalankan Shalat Ied 1441 Hijriah di rumah masing-masing dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran COVID-19.

Sutedjo di Kulon Progo, Rabu, mengatakan berdasarkan Maklumat Bersama Pelaksanaan Rangkaian Ibadah Idul Fitri 1441 H/2020 M Pemda DIY, Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 DIY dan Kantor Kementerian Agama Wilayah DIY, dan pimpinan organisasi keagaaman DIY, Polda DIY, Korem Pamungkas bahwa Shalat Ied 1441 Hijriah dilaksakan di rumah masing-masing, baik secara jamaah maupun sendiri.

"Dalam maklumat tersebut dianjurkan tidak dilaksanakan takbir keliling pada malam Idul Fitri 1441 H/2020 M sehingga kami juga mengimbau kepada masyarakat melaksanakan anjuran tersebut," kata Sutedjo.

Baca juga: Tiga warga di Kulon Progo reaktif COVID-19 berdasarkan rapid test

Ia mengatakan sampai saat ini tidak ada laporan adanya kegiatan takbir keliling. Biasanya, jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan, panitia sudah melaporkan kegiatan.

"Kami sekali lagi mengimbau kepada masyarakat, untuk melaksanakan maklumat bersama tersebut," katanya.

Sutedjo mengatakan pada hari lebaran nanti juga tidak melaksanakan "open house" di rumah dinas bupati, baik untuk pegawai atau pun masyarakat luas. Begitu juga, pada hari pertama masuk kerja, Pemkab Kulon Progo tidak melaksanakan halal bi halal seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menghindari penyebaran COVID-19.

"Kami juga melaksanakan maklumat tersebut. Semua hal yang baik untuk pencegahan COVID-19, kami laksanakan," katanya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga mengimbau kepada masyarakat dalam silaturahmi atau halal bi halal hari raya Idul Fitri 1441 H dilaksanakan menggunakan media sosial atau daring dengan menghindari pertemuan fisik atau kerumunan massa.

Baca juga: Petani Kulon Progo kembangkan klengkeng sistem surjan

Selain itu, semua kegiatan yang dilaksanakan harus sesuai ketentuan pemerintah dan mengikuti aturan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi maklumat bersama ini termasuk dalam kehidupan sosial dan kegiatan lainnya,” katanya.

Baca juga: Kulon Progo akan gelar rapid test massal pedagang pasar rakyat

Sutedjo berdoa semoga pandemi COVID-19 ini segera dapat diatasi, sehingga tatanan kehidupan kembali normal, dan ekonomi masyarakat cepat pulih.

"Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu memakai masker dan menjauhi kerumunan," ajaknya.
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar