Prof Sumaryanto terpilih sebagai Rektor UNY periode 2021-2025

id Rektor UNY,Pemilihan

Prof Sumaryanto terpilih sebagai Rektor UNY periode 2021-2025

Pemilihan Rektor UNY yang digelar di Auditorium UNY pada Selasa (26/1). (ANTARA/HO/UNY)

Yogyakarta (ANTARA) - Prof Sumaryanto terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode 2021-2025 melalui pemilihan rektor yang digelar di Auditorium UNY, Selasa (26/1).

"Berdasarkan peraturan yang ada, nama calon rektor yang memperoleh suara terbanyak, yaitu Prof. Dr. Sumaryanto, terpilih menjadi Rektor UNY periode 2021-2025," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNY Prof Dr Moh Farozin.

Menurut Farozin, dalam pemilihan itu, Sumaryanto berhasil meraih 59 suara, mengungguli dua calon rektor lainnya, yakni Prof Dr Lantip Diat Prasojo yang memperoleh 8 suara dan Prof Dr Siswantoyo yang memperoleh 7 suara.
 

"Selanjutnya Senat UNY akan membuat laporan pelaksanaan pemilihan rektor hari ini yang akan dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk diproses lebih lanjut," kata dia.

Menurut dia, berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2018, menteri memiliki 35 persen hak suara dari total pemilih yang hadir dan Senat memiliki 65 persen hak suara dan masing-masing anggota memiliki hak suara yang sama.

"Berdasarkan peraturan di atas, anggota Senat UNY yang berjumlah 49 orang masing-masing memiliki satu suara, sehingga suara dari kementerian berjumlah 26 suara," tuturnya.

Ia mengatakan kegiatan pemilihan rektor dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

Tempat duduk para pemilihan diatur dengan jarak lebih dari standar dan mengharuskan semua mengenakan masker standar kesehatan dan tidak boleh membuka masker selama di dalam ruangan.
 

"Sebelum pelaksanaan pemilihan rektor, gedung Auditorium disterilkan. Di luar gedung dilakukan penyemprotan, dalam gedung atau ruangan yang digunakan dilakukan fogging cairan disinfektan tujuh jam sebelum pelaksanaan," kata dia.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024