Film "Agen Dunia" mengikis mitos larangan perkawinan beda suku

id agen dunia,baim wong,film agen dunia

Film "Agen Dunia" mengikis mitos larangan perkawinan beda suku

Agen Dunia (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Film "Agen Dunia" yang disutradarai Herwin Novianto dan tayang di platform daring mulai 5 Februari 2021 hadir ingin mengikis mitos mengenai larangan menikah antara  pria dan wanita dari Suku Jawa dan Sunda yang selama ini masih dipercaya sebagian masyarakat.

Film bergenre komedi romantis ini akan dibintangi oleh Baim Wong yang berperan sebagai calo serba bisa yang mengatasi berbagai masalah, termasuk menyatukan dua insan yang ditentang akibat berasal dari latar belakang suku berbeda.

Menurut sutradara Herwin Novianto dalam jumpa pers, Selasa, Baim Wong cocok berperan sebagai tokoh Jamal yang pandai bicara serta ceplas-ceplos. Dalam menyelami karakter Jamal, Baim pun harus berdialog dengan logat Sumatera Utara.

"Agak susah soal bahasa," kata Baim mengenai tantangan berakting di film "Agen Dunia". Namun, segala kesulitan dan pertanyaan yang mengemuka mengenai tokoh Jamal selalu ia konsultasikan kepada sutradara.

"Saya banyak ngobrol sama sutradara," ujar Baim.

Mitos larangan menikah antara Suku Jawa dan Sunda yang selama ini berlaku di masyarakat diangkat dalam film ini. Sebelum terlibat dalam film ini, Baim mengaku tidak tahu mengenai anggapan yang beredar mengenai pertentangan pernikahan antara dua sejoli yang berasal dari keluarga Sunda dan Jawa.

Lewat film ini, kata sutradara Herwin, pria Jawa yang menikahi perempuan Sunda ingin menyampaikan pesan bahwa cinta tak mengenal latar belakang, termasuk suku.

“Agen Dunia” berkisah tentang perjuangan cinta dua sejoli Citra (Clara Bernadeth) dan Reza (Onadio Leonardo) yang dihadang masalah untuk menikah. Pasangan ini ditentang oleh keluarga masing-masing karena berasal dari suku yang berbeda.

Keduanya lalu meminta bantuan sang Agen Dunia yang lucu namun serba bisa, Jamal (Baim Wong).

Sang Agen Dunia, Jamal, yang dikenal dengan motto unik “menyelesaikan masalah tanpa masalah”, untuk meredam perseteruan antarkeluarga ini. Setelah mencari tahu ke sana - ke mari, Jamal mendapatkan inti permasalahan yang mengancam mimpi pernikahan Citra dan Reza, yaitu perseteruan antara kerajaan Majapahit (Jawa) dan Pajajaran (Sunda) yang terjadi berabad-abad lalu.

Dengan tingkahnya yang lucu dan unik, Jamal berusaha sebisa mungkin untuk membuat pernikahan Citra dan Reza dapat berjalan dengan lancar.

Judul "Agen Dunia" dipilih karena Jamal adalah orang yang mengaku bisa menyelesaikan permasalahan dunia yang bervariasi. Baik Baim, Herwin, juga Onadio dan Clara punya jawaban yang sama ketika ditanya apa yang akan mereka minta bila bertemu agen dunia.

"Selesaikan pandemi ini segera!" kata Herwin, yang diamini oleh Onad dan Clara.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024