Manchester City dipecundangi Leeds United 1-2

id liga inggris,manchester city,leeds,stuart dallas,ferran torres,pep guardiola,marcelo bielsa

Manchester City dipecundangi Leeds United 1-2

Gelandang serang Leeds United Stuart Dallas (kanan) merayakan gol penentu kemenangan ke gawang Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (10/4/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Michael Regan)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City dipecundangi Leeds United dengan skor 1-2 dalam laga pekan ke-31 Liga Inggris di Stadion Etihad, Minggu, kendati tim tamu harus menuntaskan pertandingan hanya dengan 10 pemain di lapangan.

Leeds sudah unggul 1-0 lewat gol Stuart Dallas ketika mereka harus kehilangan Liam Cooper yang menerima kartu merah langsung di pengujung babak pertama.

Situasi 11 lawan 10 baru bisa dimanfaatkan City untuk menyamakan kedudukan melalui Ferran Torres, tetapi Dallas mencetak gol keduanya pada injury time untuk mengunci kemenangan 2-1 bagi Leeds.

Hasil itu memang tak menggoyahkan posisi City yang tetap berada di puncak dengan koleksi 74 poin, tapi keunggulan 14 poin terancam dipangkas oleh Manchester United yang baru main Minggu (11/4) di kandang Tottenham Hotspur.

Sementara bagi Leeds (45), kemenangan tersebut membawa mereka untuk sementara naik ke peringkat kesembilan klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.



Sebelum sepak mula, Marcelo Bielsa sudah berada dalam posisi merugi karena sayap andalannya, Jack Harrison, tidak diperbolehkan bermain sebagai klausul peminjaman dari City.

Kendati demikian, Leeds tetap mampu menciptakan ancaman saat Tyler Roberts mengirim umpan tarik berbahaya, sayang Patrick Bamford gagal menjangkau bola yang berlalu begitu saja di muka gawang.

City hampir membuka keunggulan pada menit ke-20, tetapi aksi Rheem Sterling mampu diamankan secara sempurna oleh kiper Illan Meslier.

Pada menit ke-42, Leeds berhasil mencuri keunggulan saat Bamford dengan cermat mengirim umpan yang diselesaikan dengan tembakan menyilang oleh Dallas dan bola menghantam tiang gawang sebelum bersarang ke dalam, sementara kiper Ederson Moraes hanya bisa menyaksikan proses gol itu terjadi.

Dua menit kemudian, upaya serangan City mencetak gol balasan terhenti ketika Gabriel Jesus ditekel keras oleh Cooper hingga terkapar.

Sementara Jesus menerima perawatan tim medis, wasit Andre Marriner meninjau tayangan ulang di layar monitor VAR di tepian sebelum kembali masuk ke lapangan dan menghadiahi Cooper dengan kartu merah.



City berusaha segera memanfaatkan situasi 11 lawan 10 kala memasuki babak kedua, tetapi Meslier mampu mementahkan tembakan Olexandr Zinchenko dan mengamankan bola liar di hadapannya sebelum disambar oleh Sterling.

Kerja keras tim besutan Pep Guardiola baru membuahkan hasil pada menit ke-76 saat Torres menyambar umpan terobosan Bernardo Silva dengan tembakan melengkung yang bersarang ke pojok kiri bawah gawang Leeds.

VAR sempat meninjau sejenak dugaan Silva terjebak offside sebelum akhirnya sepakat mengesahkan gol yang membuat kedudukan imbang 1-1.

Kedua tim berusaha saling balas mengancam gawang satu sama lain, tetapi tembakan Raphinha masih bisa dihalau oleh Ederson sedangkan sepakan Silva melayang tipis di atas mistar gawang.

Pada menit pertama injury time, Leeds justru berhasil merestorasi keunggulan mereka ketika umpan Ezgjan Alioski mampu disambut oleh Dallas dengan tembakan yang melesak di antara dua kaki Ederson demi mengunci kemenangan tim tamu 2-1 atas City.

Pekan depan Leeds akan menjamu Liverpool di Elland Road dalam lanjutan Liga Inggris pada Senin (19/4), sementara City tampil di Piala FA dan Liga Champions.

City terlebih dulu melakoni leg kedua perempat final Liga Champions di kandang Borussia Dortmund pada Rabu (14/4), sebelum menyambangi Stamford Bridge dalam laga semifinal Piala FA kontra Chelsea.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar