Tujuh rekor hiasi gelar juara City musim ini

id manchester city,liga inggris,liga champions,piala liga,piala fa

Tujuh rekor hiasi gelar juara City musim ini

Sekumpulan suporter Manchester City melakukan selebrasi gelar juara Liga Premier Inggris musim ini di luar Stadion Etihad, Manchester, Inggris, pada Selasa (11/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/ACTION IMAGES/Molly Darlington)

City memasuki tahun 2021 dengan meraih 13 kemenangan beruntun, yang merupakan rekor awal tahun terbaik di Liga Premier.
Jakarta (ANTARA) - Manchester City baru saja dinobatkan sebagai juara Liga Premier Inggris musim ini selepas kekalahan yang ditelan Manchester United dari Leicester City di Old Trafford pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Gelar juara kelima City dalam satu dasawarsa terakhir itu diwarnai sedikitnya tujuh torehan rekor oleh tim besutan Pep Guardiola.

Berikut adalah rekor-rekor yang menghiasi gelar juara City musim ini seturut laporan Reuters:

1. Awal tahun terbaik

City memasuki tahun 2021 dengan meraih 13 kemenangan beruntun, yang merupakan rekor awal tahun terbaik di Liga Premier.

Baca juga: Guardiola: gelar Liga Inggris musim ini raihan tersulit

Chelsea, Brighton & Hove Albion, Crystal palace, Aston Villa, West Bromwich Albion, Sheffield United, Burnley, Liverpool, Tottenham Hotspur, Everton, Arsenal dan West Ham United menjadi tim-tim yang dikalahkan City dalam kurun waktu 3 Januari s.d. 2 Maret 2021.

2. Rentetan kemenangan

Tren positif awal tahun 2021 tersebut, menjadi bagian dari pemecahan rekor 21 kemenangan beruntun di semua kompetisi yang dibukukan oleh anak-anak asuh Guardiola.

Performa gemilang pada Desember 2020 s.d. Maret 2021 itu membuat City jadi tim pemegang rentetan kemenangan terpanjang di kasta tertinggi Inggris.

3. Lonjakan terbaik

City sempat mengawali musim ini dengan tertatih-tatih lantaran cedera dan berjibaku di papan tengah klasemen hingga Desember.

Baca juga: Daftar juara Liga Inggris: Manchester City kini sejajar Aston Villa

Raihan musim ini, membuat City jadi tim pertama yang berada di posisi kedelapan klasemen pada periode Natal dan berakhir menjadi juara Liga Premier Inggris.

4. Nirkalah

Pada November s.d. Maret, City melewati 28 pertandingan tanpa pernah merasakan kekalahan.

Jumlah itu menyamai rekor nirkalah serupa milik City pada 2017 silam.

5. Bulan sempurna

Januari menjadi bulan yang sempurna bagi City, di mana mereka selalu menang dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi yang diikuti.

Baca juga: Leicester tundukkan MU, Manchester City resmi juara Liga Premier

Itu merupakan rekor jumlah kemenangan terbanyak yang diraih sebuah tim dalam satu bulan di semua kasta kompetisi sepak bola Inggris sejak liga digelar pada 1888.

6. Menang tandang beruntun

Pada awal bulan ini, ketika City mengalahkan Crystal Palace 2-0 dalam laga pekan ke-34 di Selhurst Park, The Citizens menyamai rekor 19 kemenangan tandang beruntun di semua kompetisi.

Kemenangan di Selhurst Park juga membuat City menyamai rekor 11 kemenangan tandang beruntun Liga Premier yang dimiliki Chelsea pada 2008 dan City sendiri pada 2017.

Baca juga: Chelsea menunda pesta juara Manchester City

Kedua rekor itu berpeluang dipertajam City, mengingat mereka masih memiliki dua laga tandang melawan Newcastle United dan Brighton & Hove Albion musim ini.

7. Kampanye Eropa

Ketika City mengalahkan Paris Saint-Germain 2-0 dalam leg kedua semifinal Liga Champions, mereka memecahkan rekor baru yakni rentetan kemenangan beruntun terpanjang bagi tim Inggris di kompetisi elit Eropa dengan tujuh buah kemenangan.

City akan bertemu Chelsea di final pada 29 Mei nanti, bukan tidak mungkin rekor itu juga akan dipertajam pasukan Manchester Biru.
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar