Basarnas Yogyakarta menyiagakan personel di wisata pantai selatan DIY

id Basarnas Yogyakarta,Basarnas Yogyakarta siagakan personel,Basarnas siagakan personel di wisata pantai,personel di wisata

Basarnas Yogyakarta menyiagakan personel di wisata pantai selatan DIY

Personel Basarnas Yogyakarta siaga di salah satu pantai selatan DIY (Foto Humas Basarnas)

Bantul (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta menyiagakan personel di sepanjang pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta guna memberikan pengamanan terhadap masyarakat yang berkunjung ke destinasi wisata selama libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu, mengatakan bahwa meski hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah masih masa pandemi COVID-19, namun masyarakat DIY tetap mengunjungi wisata pantai selatan yang menjadi salah satu destinasi favorit daerah ini.

"Personel kami siagakan dan berpatroli di tempat wisata bersama dengan Tim Gabungan TNI, Polri, SAR Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) dan potensi SAR pantai lainnya mulai dari pantai di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Bantul sampai ke Gunung Kidul," katanya.

Menurut dia, tim personel dari Basarnas Yogyakarta disebar ke beberapa titik obyek wisata pantai termasuk dari Pos Basarnas Gunung Kidul dan Unit Siaga Basarnas Kulon Progo.

Kemudian tim dari kantor Induk Basarnas melaksanakan patroli ke obyek wisata pantai di wilayah Bantul seperti Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Baru dan pantai sekitarnya.

Kemudian tim dari Pos Basarnas Gunung Kidul melaksanakan patroli di Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Ngrenehan, dan pantai lainnya, sedangkan personel dari unit siaga Kulon Progo melaksanakan patroli ke Bandara YIA, Pantai Glagah, Pantai Congot, Pantai Trisik dan Pantai Bugel.

"Kami juga menyiagakan tim Jetsky di pantai Wediombo untuk berpatroli dari jalur laut ke pantai-pantai di sekitar pantai Wediombo. Kami menyiagakan dua unit Jetsky," kata Kepala Basarnas Yogyakarta.

Dia mengatakan, patroli tim gabungan di obyek wisata ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi para wisatawan yang sedang berwisata, selain itu juga untuk mengimbau wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Imbauan untuk masyarakat yang akan berwisata di pantai selatan DIY untuk tidak bermain air di laut, dan tetap mentaati imbauan-imbauan petugas yang ada di lapangan, serta harus mentaati protokol kesehatan selama berwisata," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar