Menang atas Bilbao, Real Madrid tetap berlaga hingga pekan terakhir

id Real Madrid,Athletic Bilbao,Liga Spanyol,La Liga

Menang atas Bilbao, Real Madrid tetap berlaga hingga pekan terakhir

Para pemain Real Madrid melakukan selebrasi gol Nacho dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Athletic Bilbao di San Mames, Bilbao, Spanyol, Minggu (16/5/2021) REUTERS/VINCENT WEST)

Satu-satunya gol dalam pertandingan itu diciptakan oleh Nacho Fernandez di menit ke-68,
Jakarta (ANTARA) - Real Madrid harus berjuang hingga pekan terakhir kompetisi untuk bersaing dengan Atletico Madrid agar menjadi juara La Liga setelah menang 1-0 di kandang Athletic Bilbao di San Mames, Minggu malam waktu setempat.

Madrid butuh kemenangan saat melawat ke markas Athletic Bilbao. Persaingan dengan Atletico Madrid dan Barcelona begitu ketat di dua pertandingan terakhir ini.

Satu-satunya gol dalam pertandingan itu diciptakan oleh Nacho Fernandez di menit ke-68, demikian laporan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Tundukkan Granada 4-1, Real Madrid tempel Atletico dalam perburuan gelar

Menurunkan tim yang nyaris sama saat mengalahkan Granada beberapa hari lalu, Madrid cuma memainkan Alvaro Odriozola sebagai bek kanan. Fede Valverde menggantikan Toni Kroos yang absen di lini tengah.

Real Madrid bermain dominan sejak babak pertama dengan mengandalkan Rodrygo, Karim Benzema, dan Vinicius Junior, tetapi beberapa kali upaya penyerangan mereka selalu gagal.

Ketatnya pertahanan Bilbao menjadi halangan bagi Madrid untuk mengubah penguasaan bola menjadi gol.

Pada menit ke-41, Madrid nyaris mencetak gol ketika Vinicius Junior memainkan umpan satu-dua di kotak penalti Bilbao, tetapi Unai Simon dengan sigap maju untuk menghadang bola.

Baca juga: Atletico Madrid kian dekat juarai La Liga usai bekuk Sociedad 2-1

Tim tuan rumah sempat mengancam Madrid di menit akhir babak pertama lewat sepakan Alex Berenguer, tetapi bola masih melebar dari gawang Courtois.

Babak pertama berakhir tanpa gol bagi kedua tim.

Pada babak kedua, Bilbao coba mengambil inisiatif serangan di menit ke-50, sayangnya tandukan Jon Morcillo mampu ditepis oleh Courtois.

Delapan menit kemudian, giliran Madrid mengancam lewat sepakan keras Modric. Namun, penjaga gawang Bilbao masih bisa menepis bola.

Kebuntuan akhinya pecah pada menit ke-68 ketika Madrid memimpin 1-0 lewat gol Casemiro. Berawal dari sepak pojok yang gagal dihalau dengan baik oleh pertahanan Bilbao, bola jatuh di kaki Rodrygo.

Baca juga: Diimbangi Levante, Barcelona kembali buang peluang ke puncak

Rodrygo kemudian mengoper kepada Casemiro di sisi kanannya dan langsung melepaskan tembakan ke tiang jauh sebelum disontek Nacho Fernandez.

VAR sempat meninjau gol tersebut karena dugaan Benzema sudah terjebak offside, tetapi akhirnya disahkan.

Madrid menambahkan daya serang dengan menurunkan Eden Hazard menggantikan Rodrygo di menit ke-75. Namun, Bilbao justru terus menekan pertahanan tim tamu dalam upaya untuk menyamakan kedudukan.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada lagi peluang tercipta dan Madrid tetap menang dengan skor 1-0 sekaligus menjaga persaingan juara La Liga hingga pekan terakhir.

Tambahan tiga poin membuat Madrid tetap menempel Atletico Madrid dengan selisih dua poin jelang pekan terakhir Liga Spanyol. Los Blancos telah mengumpulkan 81 poin di posisi kedua.

Susunan pemain

Athletic Bilbao (4-4-2): Unai Simon; Oscar De Marcos, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Mikel Balenziaga; Alex Berenguer, Dani García (Mikel Vesga 65'), Unai Vencedor (Ibai Gomez 73'), Jon Morcillo (Raul Garcia 65'); Inaki Williams (Asier Villalibre 65'), Oihan Sancet (Unai Lopez 72').

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Alvaro Odriozola, Eder Militao, Nacho, Miguel Gutierrez; Federico Valverde, Casemiro, Luka Modric; Rodrygo (Eden Hazard 77'), Karim Benzema, Vinicius Junior (Marco Asensio 59').
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar