Dinas Kebudayaan Sleman menggelar Festival Jathilan 2022

id Wabup Sleman Danang ,Wakil Bupati Sleman ,Festival Jathilan Sleman ,Dinas Kebudayaan Sleman ,Disbud Kabupaten Sleman ,Sl

Dinas Kebudayaan Sleman menggelar Festival Jathilan 2022

Salah satu penampilan dalam Festival Jathilan Sleman 2022 di Gedung Kesenian Sleman. ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Jathilan 2022 yang dibuka secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Gedung Kesenian Sleman, Sabtu.

Danang Maharsa mengatakan bahwa Festival Jathilan Slema ini merupakan kegiatan yang membanggakan dan bermanfaat untuk pelestarian kesenian tari Jathilan di Sleman.

"Festival Jathilan ini memberikan ruang dan motivasi bagi seluruh pelaku kesenian jathilan untuk lebih berkreasi untuk lebih mengembangkan kesenian tradisional kuda kepang di Sleman," katanya.

Ia juga berharap grup jathilan yang akan tampil dapat melahirkan seniman-seniman muda yang dapat menjadi regenerasi sekaligus menjaga kelestarian seni tari jathilan di Kabupaten Sleman.

"Diharapkan kesenian jathilan dari Sleman memiliki ciri khas yang nantinya dapat memiliki hak paten. Saya berharap jathilan Sleman berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga nantinya memiliki hak paten dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Sleman tentunya," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman Edy Winarya mengatakan Festival Jathilan Sleman Tahun 2022 diselenggarakan dalam rangka melestarikan dan mengembangkan potensi kebudayaan serta menyosialisasi tata nilai budaya melalui seni pertunjukan.

"Kegiatan ini didanai oleh dana keistimewaan DIY serta diikuti oleh 17 grup seni tari jathilan yang mewakili 17 kapanewon (kecamatan) di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan tujuan diselenggarakannya acara ini untuk menggali dan menjaring potensi seniman di masyarakat.

"Kegiatan ini juga sebagai wujud perhatian Pemkab Sleman terhadap kelestarian seni tradisional, " katanya.
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa membuka secara simbolis Festival Jathilan Sleman 2022 di Gedung Kesenian Sleman. Foto ANTARA/HO-Humas Sleman
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024