Ini 133 obat sirop aman untuk pasien

id gangguan ginjal akut progresif atipikal,gangguan ginjal akut,kemenkes,bpom,daftar obat sirop

Ini 133 obat sirop aman untuk pasien

Petugas Dinas Kesehatan Kota Medan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah apotek di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, Jumat (21/10/2022). Sidak tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh apotek mengenai larangan penjualan sejumlah oba sirup terkait Surat Edaran Wali Kota Medan Nomor: 440/11891 tentang Kewaspadaan Terhadap Penyakit Gangguan Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal pada Anak. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/hp. (ANTARA FOTO/FransiscoCarollio)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan memberikan instruksi tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan dapat meresepkan 133 obat cair/sirop yang dinyatakan aman oleh BPOM.

Daftar obat tersebut dipastikan tidak menggunakan pelarut propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliserin/gliserol. Hal itu sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran HK.02.02/III/3515/2022 dan ditandatanani Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Murti Utami, di Jakarta, Senin.

Menurut Kemenkes, tenaga kesehatan dapat meresepkan 12 obat yang sulit digantikan dengan sediaan lain berdasarkan hasil pengujian dilakukan BPOM. Dengan catatan, pemanfaatan obat harus melalui monitoring terapi tenaga kesehatan.

Kedua belas obat tersebut, antara lain Asam valproat (Valproic acid), Depakene, Depval, Epifri, Ikalep, Sodium valproate, Valeptik, Vellepsy, Veronil, Revatio syr, Viagra syr, dan Kloralhidrat (Chloral hydrate) syr.

Surat edaran menginstruksikan apotek dan toko obat dapat menjual bebas dan/atau bebas terbatas kepada masyarakat yang masuk dalam daftar 133 obat yang dinyatakan aman oleh BPOM.

Melalui surat tersebut, Kemenkes menyampaikan Dinas Kesehatan setempat dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan melakukan pengawasan dan memberikan edukasi masyarakat terkait dengan penggunaan obat sirop.

Merek obat yang dikonsumsi pasien gangguan ginjal yang dinyatakan aman antara lain Alerfed Syrup, Amoxan, Amoxicilinm, Azithromycin Syrup, Cazetin, Cefacef Syrup, Cefspan syrup, Cetirizin, Devosix drop 15 ml, Domperidon Sirup, Etamox syrup, Interzinc, Nytex, Omemox, Rhinos Neo drop, Vestein (Erdostein), Yusimox, Zinc Syrup, Zincpro syrup, Zibramax, Renalyte, Amoksisilin, dan Eritromisin.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkes instruksikan nakes bisa resepkan 133 obat sirop yang aman
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024