Alur kedatangan wisatawan gunakan kapal pesiar dioptimalkan

id Pemeriksaan di atas kapal, visa on shipping, Ditjen Imigrasi

Alur kedatangan wisatawan gunakan kapal pesiar dioptimalkan

Kapal pesiar berbendera Prancis Le Soleal membawa 201 wisatawan tiba di pelabuhan Jayapura, Selasa (4/10/2022). (ANTARA/Evarukdijati)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengoptimalkan alur kedatangan wisatawan asing yang berkunjung ke Tanah Air dengan menggunakan kapal pesiar seiring pelaksanaan immigration on shipping.

"Kami undang semua agen kapal supaya mengetahui jadwal kedatangan cruise (kapal pesiar) ke pelabuhan," kata Plt. Dirjen Imigrasi Kemenkumham Widodo Ekatjahjana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
 



Selain mengoptimalkan alur kedatangan wisatawan, aspek penjagaan keamanan dari keimigrasian juga menjadi atensi. Dengan kata lain, tugas dan fungsi dalam menjaga keamanan serta penegakan hukum harus tetap berjalan sesuai aturan yang ada.

Widodo mendorong penegakan hukum dilaksanakan dengan pembawaan humanis, terutama saat petugas imigrasi berkomunikasi dengan warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) di area kedatangan pelabuhan udara maupun laut.

Aspek lain yang perlu diperhatikan, tambahnya, ialah jajaran imigrasi harus mampu menciptakan atmosfer yang nyaman dan menunjukkan gestur bersahabat. Menurut dia, hal itu sejalan dengan penyesuaian prioritas fungsi keimigrasian saat masa pemulihan ekonomi nasional.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Imigrasi optimalkan alur kedatangan wisatawan dengan kapal pesiar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024