Pokdarwis diedukasi untuk kembangkan pariwisata

id Pelatihan homestay pokdarwis bangka tengah

Pokdarwis diedukasi untuk kembangkan pariwisata

Pemkab Bangka Tengah gelar pelatihan bisnis homestay bagi anggota Pokdarwis, Senin (14/11/2022) (ANTARA/Ahmadi)

Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan peran kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam mengembangkan sektor kepariwisataan.

"Penyuluhan dan pelatihan pengelolaan usaha homestay/pondok wisata ini bagian dari upaya meningkatkan peran pokdarwis sebagai garda terdepan dalam menggeliatkan sektor kepariwisataan," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin (14/11).

Ia menjelaskan upaya untuk menggeliatkan sektor kepariwisataan membutuhkan strategi yang tepat dengan sumber daya manusia yang berkompeten.

"Justru itu pokdarwis terus diberdayakan untuk dijadikan ujung tombak dalam mengembangkan sektor kepariwisataan, bahkan mengelola dan mempromosikan kawasan wisata unggulan," katanya.

Ia berharap, pokdarwis bisa bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat untuk membangun opini yang baik terhadap daerah wisata di Bangka Tengah.

"Hari ini kita adakan pelatihan untuk menjaga kesinambungan daerah wisata yang kita punya, jangan sampai wisatawan hanya datang sekali saja," ujarnya.