SD di Cianjur dibangun kembali dengan teknologi RISHA

id kementerian pupr,bangunan,SD,sekolah,teknologi,RISHA,gempa cianjur

SD di Cianjur dibangun kembali dengan teknologi RISHA

Bangunan sekolah dasar yang dibangun oleh Kementerian PUPR dengan teknologi Rumah Instant Sederhana Sehat Tahan Gempa atau RISHA di Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat pada tahun 2020 dalam kondisi tetap aman pasca gempa Cianjur tahun 2022. ANTARA/HO-Kementerian PUPR

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun kembali  dua  sekolah dasar (SD) di Cianjur, Jawa Barat  menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang didesain tahan terhadap gempa.

Berdasarkan informasi dari tim aplikator RISHA di bawah pembinaan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR bangunan sekolah yang menggunakan teknologi RISHA ternyata tetap aman saat gempa magnitudo 5,6 pada  21 November 2022. 

" Kami punya pengalaman membangun sekolah dengan Teknologi RISHA yang kondisinya tetap aman pasca gempa 21 November 2022 dengan skala 5,6 M di Kabupaten Cianjur," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Endra mengatakan lokasi sekolah di Kecamatan Cilaku sebelah Kecamatan Cugenang yang menjadi episentrum gempa. Terdapat dua Sekolah SD yang dibangun  menggunakan Teknologi RISHA, yakni SD Kidang Kencana dan SD Cibantala 1.

"Kondisi struktur dan keseluruhan bangunan aman dari kerusakan akibat gempa. Sekolah lain yang dibangun secara konvensional terindikasi retak cukup parah," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementerian PUPR bangun kembali SD dengan teknologi RISHA di Cianjur