Jagat Saksana antisipasi kekerasan fisik Pemilu 2024

id Jagat Saksana,KPU RI,Pemilu 2024

Jagat Saksana antisipasi kekerasan fisik Pemilu 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari memberikan keterangan usai menghadiri acara peluncuran maskot dan "jingle" Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022). (ANTARA/Tri Meilani Ameliya)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyiapkan ribuan personel pengamanan dalam (pamdal) yang tergabung dalam Tim Jagat Saksana untuk mengantisipasi terjadinya kekerasan fisik dalam Pemilu Serentak 2024, khususnya di kantor-kantor KPU daerah.

"Jadi, segala sesuatu harus kita antisipasi. Nah, (keberadaan Jagat Saksana) supaya kita selalu siap siaga. Bukannya kami mengharap ada seperti itu ya, melainkan kalau ada kejadian, kami relatif siap dari dalam," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari usai menghadiri peluncuran maskot dan jingle Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat.

Hasyim menambahkan kapasitas para personel Jagat Saksana dalam mengamankan kantor KPU dari kekerasan fisik itu terus ditingkatkan, salah satunya melalui pemberian pendidikan di Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara Lido, Polda Metro Jaya.

"Semuanya dididik, ditingkatkan kapasitas, disekolahkan di Sekolah Pendidikan Kepolisian Negeri Lido di bawah Polda Metro Jaya untuk peningkatan kapasitas," tambahnya.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU siapkan Jagat Saksana antisipasi kekerasan fisik di Pemilu 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024