KPU DIY melibatkan 12.071 pantarlih melakukan coklit data Pemilu 2024

id KPU DIY,coklit,pantarlih

KPU DIY melibatkan 12.071 pantarlih melakukan coklit data Pemilu 2024

KPU. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data calon pemilih dengan melibatkan 12.071 petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) menjelang Pemilu 2024.

"Kegiatan coklit mulai 12 Februari sampai dengan 14 Maret 2023 dengan cara menemui atau mendatangi langsung rumah-rumah warga guna memastikan validitas data pemilih," kata Ketua KPU Provinsi DIY Hamdan Kurniawan di Yogyakarta, Selasa.

Hamdan mengatakan bahwa pelaksanaan coklit berlangsung di 12.071 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 438 kelurahan, 78 kecamatan, dan lima kabupaten/kota se-DIY.

Ia berharap masyarakat menyiapkan KTP elektronik dan kartu keluarga (KK) untuk validasi data ketika petugas pemutakhiran data pemilih mendatangi rumah mereka.

Selain membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih), pihaknya juga telah membentuk panitia pemilihan umum (panwaslu) kecamatan sebanyak 390 orang, dan panitia pemungutan suara (PPS) sebanyak 1.314 orang.

Untuk mewujudkan partisipasi pemilih masyarakat Yogyakarta yang rasional dan berkualitas, pihaknya bersama satuan kerja Pemerintah Provinsi DIY bakal menggencarkan sosialisasi dan pendidikan pemilih ke sejumlah segmen masyarakat.

Ia mengatakan bahwa KPU DIY dan Badan Kesbangpol DIY melakukan pendidikan pemilih kepada kelompok pemilih pemula, pemilih perempuan, dan disabilitas serta segmen lainnya.

"Begitu juga KPU DIY dengan Biro Tata Pemerintahan DIY melakukan pendidikan pemilih kepada aparatur pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan hingga ke perangkat dusun, RT/RW di DIY," kata Hamdan.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024