Deforestasi di Amazon, Brazil, meningkat dikecam

id brazil,amazon,deforestasi,lingkungan,iklim

Deforestasi di Amazon, Brazil, meningkat dikecam

Arsip - Tanah longsor di lereng pegunungan Sierra de Mar, di dekat Barra do Sahy, sebuah pantai di Sao Sebastiao, Brazil. ANTARA/Xinhua. (ANTARA/Xinhua.)

Buenos Aires (ANTARA) - Menteri Lingkungan Brazil Marina Silva pada Senin (27/2) mengecam "tindakan kriminal" para pembalak hutan menyusul kenaikan tingkat deforestasi di Amazon yang digambarkan sebagai "jenis balas dendam" atas tindakan yang sudah dilaksanakan untuk memeranginya.

Silva saat ditanyai wartawan mengenai angka dari Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa (INPE) yang menyatakan bahwa 209 kilometer persegi Amazon telah digunduli dalam dua pekan pertama Februari, bersikeras bahwa pihak berwenang akan terus berupaya untuk mengatasi hal tersebut.

Ia mengakui bahwa walau bagaimanapun, upaya ini membutuhkan perubahan struktural.

"Ini bukanlah sulap. Kami memahami tentang kompleksitas masalah dan kami bekerja sehingga (deforestasi) dapat berkurang secara struktural," kata Silva.

"Kami baru menjabat di pemerintahan selama dua bulan. Rencana pencegahan dan pengendalian deforestasi akan diperbarui dan diterapkan kembali mulai April," lanjutnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Deforestasi tinggi di Amazon, Menteri Lingkungan Brazil kecam pembalak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024