50 pengusaha restoran peserta IndoStar difasilitasi pelatihan

id IndoStar,Indonesia Spice Up The World,Kemenparekraf,pengusaha restoran Indonesia di luar negeri

50 pengusaha restoran peserta IndoStar difasilitasi pelatihan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) dalam acara IndoStar. (ANTARA/HO-Kemenparekraf)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap memfasilitasi sebanyak 50 pelaku usaha restoran peserta Indonesian Restaurant Fundraising (IndoStar) untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan skala bisnis mereka.

"Peserta yang berhasil lolos kurasi berjumlah 50 pelaku usaha restoran Indonesia dari 68 pendaftar di seluruh dunia, dan selanjutnya peserta akan mengikuti proses inkubasi yang terdiri dari program pelatihan dan pendampingan yang terstruktur dan masif," kata Ketua Pokja Pembiayaan Teknologi Finansial dan Program Indonesia Spice Up the World Kemenparekraf Indriani D. Laratu melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Selain untuk meningkatkan skala bisnis, Indriani mengatakan program tersebut juga bertujuan agar pelaku usaha restoran dapat lebih siap mendapatkan pembiayaan dari calon investor.

IndoStar merupakan sebuah platform Akses Pembiayaan pertama bagi pengembangan bisnis restoran Indonesia di luar negeri yang diinisiasi oleh Kemenparekraf dalam mendukung program Indonesia Spice Up The World melalui skema pendanaan, baik perbankan maupun non perbankan. Kementerian berkolaborasi dengan MBN Consulting, BNI, Fintech Securities Crowdfunding, angel investor dan sumber pembiayaan lainnya.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana mengatakan bahwa saat ini, masih banyak pelaku usaha restoran Indonesia di luar negeri yang mempunyai kendala dalam menjalankan usahanya. Salah satu permasalahan yang banyak dihadapi yaitu ketika menjalankan usaha belum menjanjikan dan bankable (memenuhi persyaratan perbankan) sehingga belum berhasil mendapatkan pembiayaan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf siap fasilitasi 50 pengusaha restoran peserta IndoStar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024