Komisi A DPRD DIY ajak masyarakat jaga keamanan DIY demi bangkitkan perekonomian

id eko suwanto

Komisi A DPRD DIY ajak masyarakat jaga keamanan DIY demi bangkitkan perekonomian

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto mengajak seluruh elemen masyarakat di Darah Istimewa Yogyakarta menjaga keamanan untuk bersama bangkit dari keterpurukan perekonomian akibat pandemi. 

"Mari bersama seluruh elemen warga DIY agar terus jaga rasa aman dan hidup guyun rukun. Paska pandemi COVID-19, kita butuh kebersamaan guna bangkitkan ekonomi rakyat. Ayo gandeng tangan bergerak bersama, bersatu untuk bangkit," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, Senin. 

Menurut dia, Yogyakarta membutuhkan partisipasi seluruh elemen masyarakat guna saling jaga rasa aman dan ketertiban umum dan hidup guyub rukun.

"Kala ada masalah hukum percayakan kepada aparat hukum guna penyelesaiannya," ujar dia. 

Secara khusus, Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta berharap agar masyarakat tak mudah terpancing segala hal yang bisa memicu terjadi bentrokan antar warga kala ada masalah.

Ia meyakini warga Yogyakarta mampu menuntaskan masalah dengan cara bermartabat dan tertib hukum. 

"Yogyakarta memiliki budaya damai dan kultur warga yang saling bantu. Kita butuh energi besar guna membangun perekonomian rakyat. Ini  tentu memerlukan jaminan keamanan," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta. 

Atas peristiwa konflik di Yogyakarta, maka langkah deteksi dini dan upaya pencegahan dengan sosialisasi dan pendidikan bagi masyarakat penting selalu dikerjakan. 

Selain itu, rasa percaya kepada aparat penegak hukum penting dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat

"Aparat penegak hukum harus tegas selesaikan setiap tindak kriminal. Ini penting agar warga punya rasa percaya dengan aparat penegak hukum," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY. (*)