Israel didesak HAM PBB akhiri kekerasan di Tepi Barat

id palestina,israel,pbb,pendudukan tepi barat,hak asasi manusia,volker turk,komisaris tinggi pbb untuk hak asasi manusia,ya

Israel didesak HAM PBB akhiri kekerasan di Tepi Barat

Arsip - Tentara Israel di Tepi Barat. (Anadolu)

Ankara (ANTARA) - Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk pada Jumat mendesak Israel untuk segera mengakhiri kekerasan di wilayah pendudukan Tepi Barat.

"Israel harus segera mengatur ulang kebijakan dan tindakannya di wilayah pendudukan Tepi Barat sesuai standar HAM internasional, termasuk melindungi dan menghargai hak untuk hidup," kata Turk dalam pernyataannya.

"Agar kekerasan ini berakhir, pendudukan itu harus berakhir," katanya.

Dia menambahkan bahwa orang-orang dengan kekuatan politik harus segera melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan hal itu.

Turk memperingatkan bahwa kekerasan yang terjadi pekan ini di Tepi Barat "berisiko tak terkendali, dipicu oleh retorika politik yang tajam dan eskalasi penggunaan senjata militer canggih oleh Israel".

"Pembunuhan dan kekerasan baru-baru ini, bersama retorika yang menghasut, hanya mendorong orang Israel dan Palestina ke jurang yang dalam," kata dia.

Pasukan keamanan Israel melakukan serangan udara di kamp pengungsi Jenin di wilayah pendudukan Tepi Barat pada Senin.

Insiden itu menewaskan setidaknya tujuh warga Palestina, termasuk seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan, dan melukai 91 lainnya serta tujuh tentara Israel, menurut pernyataan PBB.

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Komisaris Tinggi HAM PBB desak Israel akhiri kekerasan di Tepi Barat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024