Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto desak pemda gelorakan Pancasila

id DPRD DIY

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto desak pemda gelorakan Pancasila

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY saat berkunjung di Kantor Pemprov Bali, Senin (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemikiran Proklamator RI, Ir Sukarno butuh diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan Kebangsaan dan kenegaraan di Indonesia. 

Guna mengisi keberlanjutan cita-cita mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia langkah menggelorakan ideologi Pancasila dalam praktik keseharian penting selalu dijalankan. 

"Bali dan DIY memiliki semangat yang sama dalam upaya menggelorakan Pancasila sebagai dasar ideologi. DIY punya perda pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, di Bali ada Pergub Bulan Bung Karno, maka upaya mengokohkan semangat nasionalisme, harapan Bali punya perda punya Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ke depan bisa mewujud," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, Senin, 3/7/2023.

Baik DIY dan Pemda Bali disebutkan saat ini sudah menjalankan upaya menggelorakan dan mengimplementasikan pemikiran Bung Karno.

Di dalam bingkai perspektif kebudayaan, ada banyak gerakan kebudayaan di Bulan Bung Karno.

"Kunjungan dan dialog dengan Pemda Bali, kita ingin mendapatkan sharing pengalaman upaya nyata implementasi menggelorakan Pancasila, pemikiran Bung Karno. Bagaimana jalan kebudayaan di DIY bisa jalankan hal-hal baik seperti yang dilakukan Pemda Bali," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY. 

Kunjungan dan dialog bersama Pemda Bali, diisi juga melihat dari dekat bagaimana pelaksanaan Bulan Bung Karno bisa berjalan baik. Selain itu sebagai daerah yang sama-sama digerakan perekonomian-nya dari pariwisata, Komisi A DPRD DIY berharap ke depan ingin juga ada kerja sama di sisi wisata. 

Menggerakkan perekonomian masyarakat dengan hadirkan event dan atraksi kebudayaan, termasuk hadirnya wisata sejarah, telusuri tapak sejarah Bung Karno di DIY dan Bali sangat bermanfaat guna jalan menggelorakan pemikiran Bung Karno. 

"DIY kini tengah menunggu, nyambungnya jalan tol. Urusan pariwisata DIY dan Bali, punya kesamaan yaitu daerah berbasis wisata. Nah hadapan kita, ke depan  penerbangan Bali - Yogyakarta, lebih banyak. DIY jadi tujuan domestik tourism ke DIY. Kala tol nyambung nanti Jakarta ke Yogyakarta 7 jam, setelah tol nyambung bisa lebih cepat dan ke Surabaya 3 jam saja. Relasi ke Bali, butuh lebih banyak penerbangan," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY.