Gunungkidul bangun 3 TPR optimalkan penerimaan retribusi wisata

id Pendapatan asli daerah,Gunungkidul,Dispar Gunungkidul

Gunungkidul bangun 3 TPR optimalkan penerimaan retribusi wisata

Objek wisata pantai di Gunungkidul. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun tiga tempat pemungutan retribusi (TPR) baru menuju objek wisata pantai untuk mengoptimalkan  pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono di Gunungkidul, Minggu, mengatakan ada tiga TPR.yang dibangun menuju Pantai Sundak, Kukup dan Baron.

"Saat ini pembangunan TPR sudah berjalan. Sebelum akhir tahun sudah dapat difungsikan," kata Harry Sukmono.

Ia mengatakan Dispar Gunungkidul berencana membangun 35 TPR di objek wisata yang dikelola pemkab. Pembangunan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dimulai 2023 dengan tiga titik di atas.

"Pembangunan TPR menyesuaikan kondisi hingga kemampuan anggaran daerah," katanya.

Harry mengatakan saat ini Dispar sedang menyusun Raperda Pengelolaan Retribusi Pariwisata. Hal ini untuk mengubah skema penarikan retribusi, sehingga pendapatan retribusi pariwisata lebih maksimal.

"Perubahan skema TPR ini sudah dibahas sejak tahun lalu. Perubahan ini juga diperkuat dengan perubahan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak dan Retribusi," katanya.

Berdasarkan kajian, skema TPR per destinasi dinilai akan lebih menguntungkan bagi wisatawan. Selain mengurangi hambatan, mereka juga bisa langsung mengunjungi destinasi yang diinginkan.

Selama ini, satu TPR digunakan untuk beberapa pantai sekaligus. Skema ini dianggap membuat antrean panjang kendaraan di TPR yang hendak masuk kawasan wisata.

"Yang jelas akan lebih memudahkan wisatawan yang datang," kata Harry.

Terkait tarif per destinasi, Harry mengatakan hingga kini masih dalam proses pembahasan. Dispar juga harus menyiapkan infrastrukturnya, baik untuk pembayaran tunai maupun non-tunai.

"Nanti akan ada uji coba juga untuk TPR model baru ini," katanya.

Sebelumnya, Harry Sukmono mengatakan total wisatawan yang sudah berkunjung ke Gunungkidul sebanyak 1.334.940 orang dengan pendapatan retribusi Rp9,9 miliar. Angka ini tercatat sejak Januari hingga awal Juli 2023.

Ia mengatakan capaian ini masih cukup jauh dari target 2023 ini. Tahun ini, Pemkab Gunungkidul menargetkan perolehan PAD wisata sebesar Rp 28,9 miliar dengan target wisatawan sebanyak 4.117.190 orang.

"Kami masih harus berupaya keras agar target tersebut tercapai di akhir tahun. Kami optimistis capaiannya nanti bisa sesuai harapan," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Gunungkidul bangun 3 TPR optimalkan penerimaan retribusi wisata